Pantai Sejarah Jadi Salah Satu Pilihan Wisata di Kabupaten Batu Bara

  • Whatsapp

Penulis: Suhairi Abbas

Rekatamedia.com – Pantai Sejarah yang berada di Desa Perupuk, Kecamatan Lima Puluh Pesisir, Kabupaten Batu Bara adalah salah satu pilihan tempat wisata dari sekian banyak pantai yang ada di Batu Bara, seperti Pantai Sujono, Pantai Alam Datuk,  dan Pantai Bunga .

Pantai ini merupakan salah satu kawasan destinasi di alam terbuka yang menghadirkan empat objek wisata menarik yaitu? Pantai Perupuk, destinasi Kampung Jepang, arena rekreasi dan pusat konservasi tanaman tepi laut yang semuanya dapat dijumpai di jalur timur Kabupaten Batubara.

Menurut beberapa masyarakat sekitar, di masa perang dunia ke II, pantai ini sangat dilirik tentara Jepang. karenanya mereka membangun area pertahanan khusus yang sekarang disebut Bunker Jepang.

Salah satu studi atau kajian yang dilakukan pemerintah daerah bahwa diketahui, kawasan Pantai Sejarah di Desa Perupuk sebagian wilayahnya diklaim sebagai hutan mangrove (bakau). Selain mencegah erosi dan abrasi pantai, manfaat hutan mangrove juga sebagai tempat hidup dan sumber makanan bagi beberapa jenis satwa.

Objek wisata pantai sejarah ini diresmikan oleh Bupati Batu Bara Ir. Zahir, M.AP sebagai kawasan wisata sejak dibangunnya Kampung Jepang yang ada di kawasan pantai. Dulunya pantai ini dianggap sebagai pantai peninggalan Jepang, karena Jepang pertama sekali mendarat menjajah Indonesia tahun 1942 dan tepatnya turun di Pantai Sejarah menggunakan kapal layar.

Pembangunan Taman Bermain dan Water Park
Pemerintah Kabupaten Batu Bara sudah mengeluarkan anggaran dana untuk membangun wisata pantai sejarah sebagai salah satu tempat wisata yang menjadi pilihan masyarakat lokal dan daerah untuk berkunjung. Saat ini Pemkab Batu Bara sedang melakukan pembangunan pembuatan taman bermain dan Water Park yang ada di areal pantai. Ditargetkan akan siap pertengahan tahun 2021

Fasilitas
Fasilitas kawasan wisata pantai sejarah ini sudah mulai cukup dilengkapi. Di tepi pantai terdapat beberapa kios makanan di mana wisatawan dapat menyantap kuliner khas Baru Bara, Seperti Kerang Rebus, Kepah, Kepiting dan makan laut lainnya.
Di beberapa tempat sekitar pantai juga tersedia tempat penjualan hasil kerajinan tangan masyarakat sekitar. Tempat tersebut biasanya berada di pondok-pondok dekat pantai sisi kiri dan kanan.

Lokasi Pantai Sejarah
Objek wisata pantai sejarah ini terletak sekitar 20 kilometer dari kawasan Kota Batu Bara, jika anda ingin berkunjung ke pantai sejarah, dapat melalui beberapa akses jalan yang bisa ditempuh. Bisa melalui jalan Kuala Tanjung, Jalan Cinta Damai, Jalan Simpang Gambus, dar Lima Puluh Kota, dan dari Sei Bejangkar.