Adakan PKM, Dosen FKIP UMSU Gelar Workshop Penulisan Kreatif

  • Whatsapp
Dosen FKIP UMSU foto bersama dengan pesertai usai PKM di Lembaga Pendidikan Pondok Mengaji (LP2M) di Desa Manunggal Deli Serdang

rekatamedia.com-Dosen Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara mengadakan pengabdian kepada masyarakat (PKM) dengan kegiatan Workshop Penulisan Kreatif bekerja dengan mitra Lembaga Pendidikan Pondok Menngaji (LP2M). Acara digelar dua hari, Kamis dan Sabtu (11, 13/6) di Dusun VII-A Desa Manunggal, kecamatan Labuhandeli, Kabupaten Deli Serdang. Adapun judul PKM “Gerakan Literasi Kampung Sadar Sastra (Gelikam Rasa)”.

Ketua PKM UMSU, Rini Ekayati, SS, MA didampingi anggota Muhammad Arifin, MPd mengatakan, minimnya kegiatan anak usia sekolah di lokasi mitra yang mengarah kecintaan terhadap dunia menulis. Kalau dilihat hampir tidak ada kegiatan tentang kepenulisan.

“Belum pernah ada kegiatan yang berhubungan dengan menulis anak-anak usia sekolah. Padahal, mereka usia sekolah. Inilah yang akan dikembangkan  sehingga nantinya muncul komunitas yang ahli menulis,” katanya.

Dari hasil workshop menulis ini nantinya akan terbentuk komunitas Gelikam Rasa dan diterbitkannya buku berisbn hasil karya peserta workshop menulis ini.

Pembicara, Dosen FKIP UMSU, Muhammad Arifin, MPd mengatakan untuk menjadi penulis siswa harus memiiki ide dan gagasan yang dibawah dari rumah. Dari ide itu tersebut nantinya disusun menjadi sebuah tulisan.

“Sebelum menulis, para siswa diajarkan bagaimana menemukan tokoh dan ciri-cirinya. Selanjutnya, menulis judul yang menarik dan membuat penasaran pembaca. Judul tidak harus panjang, tetapi tidak lebih dari enam kata. Peserta juga diperkenalkan tokoh-tokoh penulis Indonesia yang terkenal dan sudah berbicara di tingkat nasional dan internasional seperti Andrea Hirata, Ahmad Fuadi, dan JS Khairen,” kata M Arifin.

Koordinator Guru LP2M, Nurhasanah mengaku sangat berterimakasih dan ini  kontribusi sendiri bagi lembaga. Anak-anak mendapat ilmu selain mengaji. Ini sangat membanggakan dan kita sangat merespon. “Kita mengucapkan terimakasih, sudah memberikan ilmu pada anak-anak,” kata Nurhasan yang mengaku kegiatan di LP2M yakni mengaji malam sebelum Magrib sehabis, Isya,

Dia menambahakn, guru punya kegiatna KBM, ada mengajar pelajaran agama, seperti fikih, akidah akhak. “Peserta mengaji dari masyarakat lingkungan tapi banyak juga masyarakat sekitarnya seperti Marelan,”katanya yang berharap  ilmu yang didapat dapat kembangkan. (Muhammad arifin)

Suasana kegiatan PKM Dosen UMSU di Desa Manunggal, Deli Serdang