Dosen UMSU Laksanakan PKPM di Aisyiyah Ranting Laksana

  • Whatsapp
Tim PKPM LP2M UMSU terdiri dari Nurhilmiyah, SH., MH sebagai ketua pelaksana dan Dr. Masitah Pohan, SH., MH., sebagai anggotafoto bersama dengan pengurus Aisyiyah Ranting Laksana, Medan Area.

Medan – Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara (UMSU), sangat mendukung terselenggaranya program-program pemberdayaan dan pembinaan masyarakat. Sebagai center of excellent UMSU aktif memotivasi para dosennya dalam melaksanakan tri darma perguruan tinggi.  Selain berbagai macam skim penelitian dan pengabdian masyarakat yang diadopsi dari panduan Simlitabmas, UMSU memiliki tambahan skim yang khusus, yaitu PKPM (Program Kemitraan Pengembangan Kemuhammadiyahan).

Tim PKPM LP2M UMSU terdiri dari Nurhilmiyah, SH., MH sebagai ketua pelaksana dan Dr. Masitah Pohan, SH., MH., sebagai anggota, Jumat, 19 Juni 2020 melaksanakan kegiatan berupa pembinaan terhadap anggota dan pengurus ormas Aisyiyah Ranting Laksana, Medan Area. Ketua Aisyiyah Ranting Laksana, Ibu Hj. Zulhisni selaku mitra kegiatan ini. Dia menyambut positif.

Baca Juga:

Dia mengtakan, minimnya partisipasi kehadiran anggota dan kurangnya perhatian masyarakat sekitar terhadap keberadaan aktivitas pengajian yang diadakan rutin setiap hari Jumat. Usulan PKPM ini diajukan dan Alhamdulillah disetujui dengan Anggaran Pengeluaran dan Belanja (APB) UMSU sebelum masa pandemi Covid-19.

Mengikuti perkembangan terkini dari wabah Covid-19 ini LP2M UMSU memberikan penawaran untuk refokus judul kegiatan kepada para dosen pelaksana. Maka tim kami bermusyawarah dengan mitra sebab mustahil jika tetap mengadakan program sebagaimana yang tergambar di dalam proposal.

Sebelumnya judul PKPM “Pendampingan Penyusunan Silabus Pengajian Aisyiyah Ranting Laksana Dalam Rangka Peningkatan Partisipasi Kehadiran Anggota”. Namun, tidak mungkin memaksakan judul ini sementara pengajian rutinnya saja dihentikan dahulu untuk waktu yang tidak bisa ditentukan. Maka melihat situasi dan kondisi penyebaran wabah Covid-19 sekarang ini. Pengurus Aisyiyah Ranting Laksana hanya bisa menunggu pemberitahuan dan arahan informasi dari pimpinan cabang dan seterusnya ke atas hingga pimpinan pusat Aisyiyah dan Muhammadiyah.

Ditambah lagi anggota pengajian Aisyiyah Ranting Laksana didominasi oleh kelompok rentan tertular Covid-19 yaitu lansia. Tentunya sangat penting menjaga kesehatan dan keselamatan diri ketimbang mengadakan pengajian rutin di tengah pandemi. Maka sangat pas sekali bagi tim kami untuk merefokus judul dengan memberikan pembinaan dalam bentuk kegiatan pembinaan yang mengedukasi masyarakat tentang Pembelajaran yang Diperoleh dari Covid-19 dan Harapan Ke Depan. Sebenarnya judul ini merupakan salah satu sub-tema yang ditawarkan Dikti untuk dibukukan bersama dosen-dosen seluruh Indonesia. Berisikan materi tentang pembahasan dari berbagai sudut pandang tentang Covid-19 ini.

Covid-19 tidak hanya memberikan dampak yang negatif tetapi juga membawa nilai kebaikan bagi masyarakat. Semakin eratnya ikatan keluarga, maraknya bisnis rumahan, menguatnya solidaritas di tengah-tengah masyarakat adalah sebagian contohnya. Hal inilah yang dibicarakan sepanjang pelaksanaan PKPM di Aisyiyah Ranting Laksana.

Harapannya agar para pengurus dan anggota Aisyiyah tidak mengalami kekhawatiran yang berkepanjangan terhadap kondisi kehidupan di masa kenormalan baru ini. Kita harus tetap bersemangat, optimis dan berjuang bersama demi kehidupan yang lebih baik. Beberapa peluang meningkatkan taraf perekonomian juga tak luput dibahas.

Sehingga bagi ibu-ibu anggota Aisyiyah dapat menangkap peluang tersebut dan bisa berwirausaha untuk menambah penghasilan keluarga. Seperti membuat masker kain, berjualan hand sanitizer, sabun dan desinfektan home made, frozen food, camilan, ramuan herbal, dan sebagainya yang terkait dengan menjaga kebersihan, kesehatan dan imunitas tubuh.

Acara ditutup dengan penyerahan bantuan Alquran, masker dan vitamin C kepada ibu-ibu yang hadir, diwakili penerimaannya oleh ketua ranting. Ada secercah harapan di wajah-wajah para audiens, ada semangat dan kegembiraan bahwa kondisi pandemi yang sekarang masih berada bersama-sama di kehidupan kita, bukanlah sekadar untuk ditakuti tetapi harus dicari terus solusinya. Agar tercapai masyarakat yang sehat, kuat dan berdaya dari berbagai aspek. (rel/Muhammad arifin)

Aktivitas PKPM LP2M UMSU di Aisyiyah Ranting Laksana, Medan Area

Pos terkait