PKM Penguatan Karakter Berbasis Kearifan Lokal Sumatera Utara

  • Whatsapp

Medan – Dosen Prodi Pendidikan Bahasa Inggris Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) UMSU menggelar Program Kemitraan Masyarakat Internal UMSU tahun 2020 berjudul “Penguatan Karakter Berbasis Kearifan Lokal Sumatera Utara pada Anak Panti Asuhan Al Munawarah”.

Demikian disampaikan Ketua Tim Pelaksana, Fatimah Sari Siregar, M.Hum dan Erlindawaty, M.Pd usai kegiatan di Panti Asuhan Al Munawarroh Jalan Advokat Raya Marindal Satu Kecamatan Patumbak, Kabupaten Deli serdang, Sumatera Utara. Tampak hadir pengasuh Panti Asuhan Nur Asiah Nasution.

Baca Juga:

Fatimah menjelaskan, latar belakang kegiatan ini, Panti Asuhan Al Munawaraoh mengasuh 16 orang anak-anak dengan latar belakang berbeda.  Usia anak-anak yang ada di panti asuhan ini sekitar 5-15 tahun.

Usia ini merupakan masa keemasan seorang anak (the golden age), yaitu masa ketika anak mempunyai banyak potensi yang sangat baik untuk dikembangkan. Pada masa ini, waktu sangat tepat untuk menanamkan nilai-nilai karakter-kebaikan yang nantinya diharapkan akan dapat membentuk kepribadiannya.

Pada usia ini tidak hanya diperlukan pembentukan karakter namun juga dibutuhkan pengenalan serta pendekatan budaya dan kearifan lokal suatu daerah, karena banyak anak-anak tidak lagi mengetahui dan mengenal budaya serta bahasa daerah khususnya Sumatera Utara yang banyak mengandung nilai-nilai karakter.

“Kegiatan yang dilakuakan dalam pengabdian masyarakat tahun 2020 ini program literasi dengan membaca cerita-cerita kearifan lokal Sumatera Utara dan menyampaikan pesan moral dari certia tersebut untuk membangaun karakter anak panti,” katanya.

Kemudian diadakan literasi Alquran, anak-anak panti diajarkan membaba Alquran dan beberapa cerita-cerita Islami dari tokoh-tokoh Islam.

Dia menambahakn, dalam kegiatan pengabdian masyarakat ini, tim mendirikan perpustakaan mini kepada panti asuhan dengan memberikan beberapa rak buku dan ratusan buku-buku cerita anak dan buku-buku pengetahuan umum bagi anak usia 5-15 tahun. (Muhammad arifin)

Pos terkait