Perdana, PKM Dosen FIK-TI UMSU Bangun Software PPDB Berbasis Online

  • Whatsapp
Dosen FIK-TI Prodi Sistem Informasi UMSU, Al-Khowarizmi, M.Kom, anggota Halim Maulana, MKom foto bersama usai acara di Sekolah Dasar Alam Semangat Bangsa

Medan – Dosen Fakultas Ilmu Komputer, dan Teknologi Informasi (FIK-TI) Program Studi Sistem Informasi mengadakan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) berjudul “Implementasi Penerimaan Peserta Didik Baru (PPBD) Berbasis Web pada Sekolah Dasar Alam Semangat Bangsa dan TK Kartini di Kecamatan Medan Johor”.

Kegiatan diselenggarakan Senin, 22 Juni 2020. Peserta kegiatan admin sekolah dan admin TK Narasumber kegiatan, Ketua TIM PKM FIK-TI Prodi Sistem Informasi, Al-Khowarizmi, M.Kom, anggota Halim Maulana, MKom dan Lufti Basit,MIKom.

Al-Khowarizmi mengatakan, latar belakang PKM ini didasari pada situasi pandemi Covid-19 di mana banyak sekolah yang mengubah sistem pendaftaran dari konvensional ke online. Dari situasi ini, dosen Fakultas Ilmu Komputer dan Teknologi Informasi (FIK-TI) UMSU, Prodi Sistem Informasi mencoba membuat satu pengabdian kepada masyarakat terkait PPDB.

“Kami kami membuat sistem, sistem tersebut selanjutnya diimplementasikan pada PPDB di kedua mitra PKM, SD Alam Semangat Bangsa dan TK Kartini di Kecamatan Medan Johor,” katanya.

Hasil dari PKM ini, sebuah software atau produk berbasis web yang bisa dibuka dimana, dan kapan saja daftar.  PKM ini juga mengikutsertakan mahasiswa FIK-TI  PKM ini, lanjutnya program internal di bawah naungan LP2M. (Muhammad arifin)