Perpustakaan Desa Pustaka Lestari Labuhanbatu Terbaik di Sumut

  • Whatsapp
Kadis Perpustakaan dan Kearsipan Labuhanbatu, Ir Leo Sunarta Marpaung, MMA saat menerima piala dan penghargaan

Medan-Perpustakaan Desa Pustaka Lestari, Kabupaten Labuhanbatu menjadi yang terbaik di Provinsi Sumatera Utara setelah menjadi juara I dengan nilai 641,5 pada Penyerahan Loba Perpustakaan Umum Desa/Kelurahan Tingkat Provinsi Sumatera Utara Tahun 2020 yang dilaksanakan, Dinas Perpustakaan dan Arsip Provinsi Sumatera Utara di Ruang Aula Lantai II, Jalan Brigjen Katamso Medan, Kamis (6/8).

Penyerahan hadiah dilakukan Kepala Dinas Perpustakaan dan Arsip Provinsi Sumatear Utara, Ir Halen Purba, MM didampingi sejumlah pejabat eselon II dan IV Dinas Perpustakaan dan Arsip Provinsi Sumatera Utara dan diterima Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Labuhanbatu, Ir. Leo Sunarta Marpaung, MMA didampingi Kades Kampung Padang Kecamatan Kecamatan Pangkatan Kabupaten Labuhanbatu, H Jamri, ST.

Leo Sunarta Marpaung mengatakan, Perpustakaan Desa Pustaka Lestari meraih juara I karena perpustakaan desa ini sudah berbasis inklusi social dalam artiannya bukan hanya sekadar tempat membaca saja. Tetapi, dari membaca referensi yang ada dapat diaplikasikan dalam kehidupan masyarakat desa tersebut. Seperti dapat menambah ilmu pengetahuan, ekonomi keluarga dengan mempelajari keterampilan masyarakat.

“Terimakasih diucapkan kepada Bupati Labuhanbatu yang telah memberikan perhatian terhadap sector perpustakaan yang mana tujuannya membuat masyarakat Labuhanbatu menjadi “Cerdas”,” katanya.

Dia menambahkan, Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Labuhanbatu tetap berjalan untuk ke depannya lebih intensif dan diharapkan ke depannya akan banyak terbentuk perpustakaan-perpustakaan. Sebagaimana diketahui lembaga pendidikan non formal untuk menciptakan masyarakat Labuhanbatu yang Cerdas.

Para Juara Lomba Perpustakaan Umum – Desa Kelurahan se Sumut

Berikut hasil Lomba Perpustakaan Umum Desa/Kelurahan Tingkat Provinsi Sumatera Utara ;

Juara I, Perpustakaan Desa Perpustakaa Lestari (Labuhanbatu) nilai, 641,5

Juara II, Perpustakaan Rumah Baca, Kelurahan Bandar Utara (Tebing Tinggi), nilai 629,5,

Juara III, Perpustakaan Desa Al Hidayah (Tapanuli Selatan), nilai 427,5

Juara Harapan I, Perpustakaan Kelurahan Pancuran Gerobak (Sibolga), nilai 425

Juara Harapan II,Perpustakaan Pasar V, Kebun Kelapa (Deli Serdang), nilai 422,

Juara Harapan III, Perpustakaan Kelurahan Mangga (Medan) nilai 397,25. (Muhammad Arifin).