Memperingati HUT ke 59 Pramuka, Kwardasu Ziarah ke Taman Makam Pahlawan Medan

  • Whatsapp

Medan, Dalam  rangkaian HUT ke-59 Gerakan Pramuka, Kwartir Daerah Gerakan Pramuka Sumatera Utara melaksanakan ziarah ke Taman Makam Pahlawan (TMP) Bukit Barisan Medan, Jalan Sisingamangaraja Medan.

Acara berlangsung pada Senin (24/8) sekira pukul 16.00 WIB  diikuti pengurus Kwardasu, Dewan Kerja Daerah (DKD) Sumut serta para Staf Kwardasu.

Baca Juga:

Bertindak sebagai inspektur upacara aSekretaris Kwardasu Kak Dr. H Abdul Rajab, MM serta pimpinan upacara Kak Rusli Hutapea dan Perwira Upacara  Kak Yudha Pratidina.

Upacara diawali dengan peletakan karangan bunga di tugu pahlawan, dilanjutkan dengan tabur bunga ke makam para pahlawan, dan beberapa makam anggota Pramuka, seperti Alm Kak Aziz Siregar dan Alm Kak Wahyutomo.

Di sela-sela kegiatan tersebut, Kak Rajab menjelaskan bahwa kegiatan ziarah dan tabur bunga ini merupakan kegiatan yang memang menjadi agenda setiap tahun Gerakan Pramuka dalam memperingati hari ulang tahunnya.

“Kegiatan ini sifatnya nasional, artinya tidak hanya Kwardasu saja yang melaksanakan hal ini tetapi kwartir-kwartir yang lain juga melakukan hal yang sama di taman makam pahlawan daerahnya masing-masing. Jadi ini kegiatan ‘wajib’ lah selain upacara HUT Pramuka itu sendiri,”ucapnya.

Kegiatan ziarah ini sekaligus sebagai bentuk terimakasih kita kepada para pahlawan yang telah merebut dan mempertahankan kemerdekaan ini, tampa pamrih dan penuh dengan sikap nasionalisme yang tinggi, tambahnya.

Karena itu, ia mengimbau agar keteladan para pahlawan ini mampu menyemangati dan memotivasi generasi sekarang ini, khususnya anggota Pramuka untuk tetap melakukan yang terbaik untuk negeri ini, ungkapnya. (*)

Pos terkait