TBUPP Rumuskan Skema Pembangunan Kab. Batu Bara tahun 2021

  • Whatsapp
Tim Bupati Untuk Percepatan Pembangunan Kabupaten Batubara

Medan, Tim Bupati Untuk Percepatan Pembangunan Kabupaten Batubara dalam rangka persiapan rapat koordinasi dengan jajaran Organisasi Perangkat Daerah ( OPD ) Rabu (9/9) mendatang merumuskan Skema Pembangunan Kabupaten Batu Bara tahun 2021 di tengah pandemi Covid-19 yang terus berkepanjangan.
Tim yang merumuskan terdiri dari Prof Dr Efendi Napitupulu M.ED, Dr Perapat Gultom M.Eng, Ir Azwar Hamid M.Ec, Syahril Tambuse, SH dengan mengundang Dr.dr. Umar Zen S.PoG ahli penyakit tropis yang dipimpin Syaiful Syafri, Drs, MM di Carborona Jalan AH Nasution Medan, Kamis (3/9).
Dari aspek kesehatan Dr dr Umar Zen S.Pog menjelaskan  penanganan pandemi Covid-19 dapat mempedomani Permenkes no 09/2020 dan Keputusan Menkes RI nomor HK.01.07/MENKES/413/2020 dengan prioritas promotif ( sosialisasi ) bahaya pandemi covid 19, pencegahan ( preventif ) dan curatif ( penyembuhan ).
Melihat bahwa saat ini tenaga kesehatan yang sudah menjadi korban Covid-19 mencapai 104 orang, khusus sumut sudah 15 orang korban diluar perawat dan bidan maka masing masing rumah sakit tempat perawatan masyarakat terinfeksi covid 19 memerlukan sarana APD yang baik, dan sarana lainya untuk deteksi dini, tegas Umar Zen.
Sementara itu Prof Dr Efendi Napitupulu M.Ed menjelaskan untuk pendidikan kita harus membuat K urikulum Darurat dengan sistem Merdeka Belajar.
Dengan memanfaatkan pola pembelajaran daring diharapkan bantuan paket data dapat ditransper ke siswa dan guru.
Disamping itu kata Prof Dr Efendi Napitupulu kita masih menemukan guru yang belum memiliki potensi kemampuan penggunaan IT, untuk itu perlu pelatihan ke guru pembelajaran daring.
Khusus Dr Perapat Gultom M.Eng berorientasi membangun pertumbuhan ekonomi melalui pola infestasi. Selain itu pemanfaat tehnologi IT dalam bisnis bersekala mikro dan kecil yabg sangat potensial di Batu Bara. Sedangkan Ir Azwar Hamid MSc dari aspek perikanan merumuskan peningkatan pendapatan nelayan tradisional dengan sustem rumponisasi. Karena kata Ir Azwar Hamid MSc bahwa bidang pertanian pendapatan masyarakat hasil tanam padi dari 5 ton per hektar telah berhasil menjadi 8,5 ton perhektar.
Rapat Tim merumuskan Skema Pembabgunan Kabupaten Batu Bara tahun 2021 ini yang menjadi penulis rumusan Syahril Tambuse SH dan di pimpin Syaiful Syafri untuk menjadi bahan masukan bagi OPD di Kabupaten Batu Bara. (rel/muhammad arifin)

Tim Bupati Untuk Percepatan Pembangunan Kabupaten Batubara