MUI Kota Medan Luncurkan Buku Wajah MUI Medan Mewujudkan Islam Rahmatan Lil’Alamin

  • Whatsapp
Serahkan: Ketua Umum MUI Kota Medan Prof Dr H Mohd Hatta menyerahkan buku Wajah MUI Medan Mewujudkan Islam Rahmatan Lil 'Alamin kepada Pjs Walikota Medan dan undangan lainnya, Sabtu, (3/10/2020). Foto: Sugiatmo

Prof. Syahrin: Saya Usulkan Prof. Hatta Dikukuhkan Sebagai Tokoh Dakwah Rahmatan Lil ‘Alamini di Kota Medan

 

Baca Juga:

Medan-Sesungguhnya, ide memunculkan kalimat rahmatan lil ‘alamin merupakan kesimpulan dari firman Allah Ta’ala, wamaa arsalnaaka illa rahmatan lil ‘alamin (QS Al-Anbiya: 107)Kami tidak mengutus engkau, Wahai Muhammad, melainkan sebagai rahmat bagi seluruh manusia” (QS. Al Anbiya: 107).

Lalu bagaimana menginplementasikan nilai-nilai rahmatan lil ‘alamin itu? melalui diskusi-diskusi panjang dan seminar dengan melibatkan banyak pihak dengan melahirkan konsep bagaimana mewujudkan Kota Medan yang rahmatan lil ‘alamin. Baik menata kebersihan, lingkungan hidup dan lainnya yang rahmatan lilalamin. Demikian halnya tentang ekonomi keumatan dan memberi perlindungam makanan dan minuman yang halal dan baik bagi masyarakat dalam mewujudkan Islam rahmatan lil alamin itu sendiri.

“Inilah yang kami lakukan di MUI Kota Medan dalam memberikan kontribusi bagi umat,” ujar Ketua Umum Majelis Ulama Indonesia Kota Medan Prof. Dr. H. Mohd Hatta, saat peluncuran Luncurkan Buku Wajah MUI Medan Mewujudkan Islam Rahmatan Lil’Alamin di Kantor MUI Kota Medan, jalan Amaliun/Nusantara Medan, Sabtu (3/10).

Disebutkan, buku ini merupakan cerminan dari kerja bersama seluruh pengurus MUI Kota Medan selama tiga tahun belakangan. Buku ini dibuat dalam rangka apresiasi kepada para pengurus, utamanya yang ada disetiap komisi yang ada di MUI untuk menunjukkan kinerja dan apa yang telah dilaksanakan. “Sekaligus juga dalam rangka kado bagi masa purnabakti saya sebagai guru besar karena telah menginjak usia 70 tahun” ujar Prof. Hatta.

Buku “Wajah MUI Medan Islam Rahmatan Lil “Alamin Menyongsong 70 Tahun Prof. Dr. H. Mohd Hatta” diterbitkan oleh Penerbit Prenada Jakarta.

Diharapkan buku ini dapat menjadi rujukan dan tampilan MUI yang dapat jadi teladan dalam menampakkan wajah Islam yang rahmatan lil ‘alamin. Ia juga menyampaikan apresiasi atas peran semua pihak dalam bersinergi mewujudkan rahmatan lil alamin bersama MUI Kota Medan.

Peluncurkan buku setebal 217 halaman ini selain dihadiri selain  pengurus MUI Medan dan MUI se Kecamatan Kota Medan  juga dihadiri Pjs Wali Kota Medan, Ir. Arief Sudarto Trinugroho,MT, Kapolrestabes Medan Kombes Pol Riko Sunarko, Dandim 0201/BS Medan Letkol Inf Agus Setiandar, S.I.P, Ketua Umum MUI Sumut Prof. Dr. H. Abdullah Syah MA, Ka Kanwil Departemen Agama Sumut diwakili Kepala pada Bagian Tata Usaha Kanwil Kementerian Agama Provinsi Sumatera Utara Dr. H. M. David Saragih, S.Ag, MM, tokoh masyarakat Rahmat  Shah serta tokoh-tokoh agama di Kota Medan.

Dalam kesempatan tersebut Pjs Wali Kota Medan, Arief Sudarto juga turut menerima buku yang baru saja di luncurkan yang diserahkan langsung oleh Ketua Umum MUI Kota Medan, Prof. Hatta.

Ketua Umum MUI Medan Prof. Dr. H. Mohd Hatta menyerahkan nasi tumpeng kepada Pjs Walikota Medan dan DR. Rahmat Syah.

Usai menerima buku tersebut, Arief, mengucapkan terimakasih dan selamat atas peluncuran buku ini dan berharap dapat menambah wawasan tentang islam yang rahmatan lil’alamin bagi yang membacanya.

“Saya ucapkan selamat atas diluncurkanya buku ini, semoga buku ini memberikan banyak manfaat untuk masyarakat kota Medan khususnya dalam mewujudkan kota Medan yang rahmatan lil’alamin.”harapnya.

Dalam acara yang tetap menerapkan protokol kesehatan ini, tidak lupa Arief mengajak seluruh yang hadir untuk mengakhiri covid-19 dari Kota Medan dengan cara memutus mata rantai penyebarannya.

“Dengan rajin membersihkan diri, menjaga jarak dan menggunakan masker kita sudah memberikan sumbangsih yang besar untuk memutus mata rantai penyebaran covid-19 di Kota Medan karena itu mari terus kita jaga protokol kesehatan.”ajaknya yang hadir didampingi Kepala Dinas Pendidikan Kota Medan, Adlan,S.Pd.MM dan Camat Medan Kota, Tengku Chairuniza,S.Sos.

Ketua Komisi LPPOM MUI Kota Medan dr H Hasanul Arifin SpAn KAP KIC, menyerahkan cinderamata berkaitan dengan Milad Prof. Dr. H. Mohd Hatta ke-70.

Peluncuran buku diawali dengan pengantar pengenalan tentang isi buku oleh Wakil Ketua Umum MUI Medan, Dr Hasan Maksum MA. Kemudian dilanjutkan dengan penyampaian narasi buku oleh Prof Dr  H. Syahrin Harahap. MA

Menurut Prof Syahrin, ada tiga pesan rahmatan lil ‘alamin yang disampaikan dalam buku ini, yakni keselamatan, kepedulian dalam memberi bantuan, dan pesan kasih sayang.

Pesan kasih sayang yang paling sulit untuk diwujudkan. “Kerena kompetisi politik kasih sayang itu bisa hilang”.

Tokoh Dakwah Rahmatan Lil Alamin

Pada kesempatan itu Syahrin mengusulkan agar  Prof Dr H Mohd Hatta dikukuhkan sebagai tokoh dakwah rahmatan lil ‘alamin.

“Kalau boleh saya mengusulkan Prof Dr H Mohd Hatta sebagai tokoh rahmatan lil ‘alamin. Karena selama dia menjalankan tugas sebagai Ketua MUI selalu menerapkan kasih sayang, dan kepeduliannya terhadap kepentingan umat,” ujar Syahrin.

Sebelumnya Ketua Panitia Pelaksana Drs H Burhanuddin Damanik, menyampaikan, kegiatan ini selain peluncuran buku juga menyongsong 70 tahun Prof Dr H Mohd Hatta dengan tujuan tersosialisasinya pengurus MUI Kota Medan dan program kerja dalam mewujudkan Islam rahmatan lil ‘alamin.

Acara ini, sebut Burhan, dihadiri 74 orang pengurus MUI Kota Medan, ditamba pengurus MUI tingkat kecamatan dan undangan. Kegiatan ini tetap mematuhi protokol kesehatan.

Dalam acara itu diwarnai pemotongan tumpeng ulang tahun oleh Mohd Hatta didampingi istri, penyerahan cinderamata kepada Prof. Hatta dan ditutup dengan pembacaan doa oleh Dr. H Ali Murthado, M. Hum yang begitu menyentuh. (*)

Pos terkait