HIMAGRO UMA Latih Masyarakat Desa Sei Rotan Budidayakan Jamur Tiram Bernilai Ekonomis

  • Whatsapp
HIMAGRO UMA Pelatihan dan Sosialisasi Budidaya Jamur Tiram pada Masyarakat Desa Sei Rotan Percut Sei Tuan

rekatamedia.com. Tim Himpunan Mahasiswa Agroteknologi (HIMAGRO) Universitas Medan Area sukses menggelar pelatihan dan sosialisasi budidaya jamur tiram pada masyarakat Desa Sei Rotan, Kecamatan. Percut Sei Tuan, Kabupaten Deli Serdang Sumatera Utara.

Kegiatan tersebut, ungkap Ketua HIMAGRO UMA Agustinus, dilaksanakan pada Rabu, 30 September 2020 untuk menggali potensi desa yang dapat dikembangkan dan bernilai ekonomis pada masyarakat Desa Sei Rotan.

Pada kegiatan tersebut juga diserahkan bantuan alat-alat produksi jamur tiram seperti, mesin penggiling tongkol jagung, mesin perebus media, set alat isolasi dan timbanga.

Pelatihan sekaligus sosialisasi budidaya jamur tiram memperoleh dana hibah dalam Program Holistik Pembinaan dan Pemberdayaan Desa (PHP2D) 2020 dari Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

“Kita berhasil mendapat program PHP2D 2020 dengan judul proposan Peningkatan Nilai Ekonomi Desa Penghasil Jagung dengan Memanfaatkan Limbah Jagung sebagai Media Tumbuh Jamur Tiram Putih di Desa Sei Rotan Kecamatan Percut Sei Tuan”, ungkap

Didampingi Dosen Pembimbing, Indah Apriliya,SP,M.Si, Ketua HIMAGRO ini menyatakan rasa syukurnya sebab ini pertama kalinya bagi HIMAGRO UMA lolos dalam program PHP2D. UMA sendiri menerima pendanaan PHBD (program sebelumnya) terakhir kalinya di tahun 2013 oleh HIMABIO (Himpunan Mahasiswa Biologi).

Lebih lanjut dikatakannya, Desa Sei Rotan Kecamatan Percut Sei Tuan merupakan salah satu penghasil jagung terbesar di Sumatera Utara, yakni 108 ribu ton pada tahun 2016, dan terus meningkat hingga sekarang.

Mengingat limbah tongkol yang tidak terpakai hanya digunakan sebagai pakan ayam atau di jual dengan harga murah, HIMAGRO menggali potensi tongkol jagung sebagai bahan baku pembuatan jamur tiram yang bernilai ekonomis.

HIMAGRO UMA serahkan bantuan alat – alat produksi jamur tiram pada pelatihan dan sosialisasi budidaya jamur tiram di Desa Sei Rotan Percut Sei Tuan

“Program ini mendapat antusias tinggi dari masyarakat Desa Sei Rotan. Mereka mendapatkan kebermanfaatan dari kegiatan ini, misalnya pengetahuan dan keterampilan budidaya. Kami berharap pelatihan dan sosialisasi budidaya jamur tiram dapat menjadi bentuk kontribusi kami (mahasiswa) sebagai Agent of Change dalam transfer ilmu ke masyarakat.” ungkapnya.

Ketua Tim Pelaksana PHP2D HIMAGRO UMA, Ilham Hidayat yang merupakan mahasiswa Pertanian Stambuk 178210047 menambahkan pemberdayaan masyarakat memerlukan proses dan waktu yang panjang. Karena itu keberlanjutan  program  sangatlah penting. Masa administratif pelaksanaan PHP2D yang hanya enam bulan tidaklah cukup untuk proses pemberdayaan, maka penumbuhan semangat keberlanjutan dengan kolaborasi .berbagai pihak menjadi sangat penting.

“Selain membentuk karakter positif, kegiatan ini PHP2D juga merupakan bentuk kepedulian mahasiswa terhadap persoalan masyarakat dan menjadi problem solver serta membangun jaringan dengan stakeholder guna keberlangsungan pemberdayaan. Masa administratif pelaksanaan PHP2D yang hanya enam bulan tidaklah cukup untuk proses pemberdayaan, maka penumbuhan semangat keberlanjutan dengan kolaborasi berbagai pihak menjadi sangat penting” jelas Ilham Hidayat.

Ilham juga menambahkan program kegiatan pemberdayaan ini masih berlanjut sampai dengan masyarakat bisa membentuk unit usaha baru dan memproduksi jamur tiram secara mandiri.

Dosen Pembimbing, Indah Apriliya,SP,M.Si, mengapresiasi suksesnya pelaksanaana pelatihan dan sosialisasi budidaya jamur tiram pada masyarakat Desa Sei Rotan yang dilaksanakan HIMAGRO UMA.  Pembinaan dan pemberdayaan yang dilakukann HIMAGRO merupakan salah satu wujud kepedulian dan pengabdian dalam memberi nilai ekonomis bagi masyarakat desa.