Kwardasu Gelar KPDK Regional 2 di Dairi

  • Whatsapp

Dairi– Kwartir Daerah Gerakan Pramuka Sumatera Utara menggelar Kursus Pengelola Dewan Kerja (KPDK) Regional 2, Rabu-Minggu (2-4/12/2020). Kursus dipusatkan di Taman Wisata Iman, Sitinjo, Kabupaten Dairi, Sumatera Utara.

Ketua Kwartir Daerah Gerakan Pramuka Sumut (Kwardasu) H.Nurdin Lubis, S.H.,M.M  saat membuka kegiatan tersebut mengatakan bahwa dewan kerja adalah mitra dan menjadi perpanjangan tangan kwartir daerah dan cabang dalam mengaplikasikan agenda dan kegiatan kepada Pramuka Penegak dan Pandega.

“Kegiatan KPDK ini adalah kegiatan yang menitikberatkan pada kemampuan adik-adik sekalian dalam mengelola dewan kerja cabang nantinya, sebab dengan kemampuan yang kreatif maka dewan kerja akan semakin berkembang, tangguh, dan terdepan. Ikutilah dengan sungguh-sungguh kursus ini dan aplikasikan nanti setelah kembali ke dewan kerja masing-masing,” kata Nurdin.

Ka Kwardasu H. Nurdin Lubis SH, MM mengalungkan tanda peserta kepada perwakilan peserta KPDK 

Lebih lanjut, Nurdin berpesan bahwa kegiatan yang diselenggarakan di tengah pandemi ini harus mentaati protokol kesehatan sesuai dengan arahan dari Kwartir Nasional.

“Dalam suasana pandemi ini, protokol kesehatan dengan menerapkan 3 M, memakai masker, menjaga jarak, serta mencuci tangan harus terus digalakkan dan bersama kita meningkatkan kepedulian terutama terhadap saudara-saudara kita yang berkesusahan di masa pandemi ini,” jelasnya. Dia berharap agar para peserta dapat membagikan ilmunya kepada peserta didik yang belum berkesempatan mengikuti dalam acara kursus ini.

Sementara, Ketua panitia Mufida Aulia S.Pd menjelaskan bahwa kegiatan ini merupakan agenda dari kwardasu dengan sumber pendanaan dari hibah provinsi Sumatera Utara. Peserta berasal dari 17 Kwarcab dengan 40 pramuka penegak.

“Kami sampaikan bahwa peserta berasal dari kawasan Kwarcab Karo, Simalungun, Nias, Tapanuli Selatan, Sibolga, Siantar, Tapanuli Tengah, Dairi, Phakpak Barat dan sebagainya. Beberapa masih dalam perjalanan untuk bergabung. Kami juga mengharapkan kepada peserta untuk sungguh-sungguh dalam mengikuti kursus ini, agar kembali nanti dari sini, ilmunya bisa diterapkan dan dibagikan ke dewan kerja masing-masing,” ungkapnya.

Kursus Pengelola Dewan Kerja (KPDK) ini juga dibuka secara adat Bukit Barisan dengan prosesi penancapan pusaka Ambalan oleh Ketua DKD Sumut M Fadli.

Ketua DKD Kwardasu, M Fadli membuka kegiatan secara adat Bukit Barisan

Sambutan Selamat Datang

Ucapan terima kasih dan sambutan selamat datang juga diucapkan oleh Ka.Kwarcab Dairi Depriwanto Sitohang, S.T., M.M  atas dipilihnya Dairi sebagai tuan rumah KPDK Regional 2, dirinya sangat senang menyambut peserta dan kakak-kakak dari Kwardasu untuk datang dan mengikuti kursus di wilayahnya. “Kepercayaan ini sangat kami nantikan dan akan kami laksanakan dengan penuh kesungguhan dan mudah-mudahan akan kami fasilitasi apa yang diperlukan oleh peserta dan panitia nantinya. Inilah Dairi, selamat datang kami ucapkan mudah-mudahan kegiatan ini dapat berjalan secara sukses dan lancer,” ujar Kak Depriwanto yang juga menjabat sebagai Waka Abdimas Kwardasu.

Para peserta juga nantinya akan diberikan materi berupa Sejarah Pramuka yang meliputi AD/ART ke-Pramukaan, administrasi, manajemen konflik dan resiko, teknik SWOT, manajerial program dewan kerja, kewirausahaan, peran dewan kerja, serta para peserta nantinya akan mengikuti prosesi rapat sidang dan Muspanitera yang akan dilaksanakan di kantor Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kabupaten Dairi. Narasumber selain berasal dari pelatih Kwardasu, andalan Kwardasu, juga berasal dari Dewan Kerja Nasional dan Kwartir Nasional yaitu Kak Yuda dan Kak Rizki.

Ka Kwardasu, para undangan dan nara sumber berfoto bersama