Overdosis Vaksin Corona, 4 Perawat di Jerman Dirawat di RS

  • Whatsapp
over dosis vaksin
ilustrasi

rekatamedia.com – Delapan perawat panti jompo di Kota Stralsund, utara Jerman, secara tidak sengaja mendapat suntikan vaksin corona Pfizer/BioNTech melebihi dosis seharusnya.

Delapan perawat itu berusia antara 38-54 tahun dan terdiri dari tujuh perawat wanita dan seorang perawat laki-laki. Mereka mendapat lima suntikan vaksin dari yang seharusnya hanya sekali.

Baca Juga:

Pihak berwenang distrik Vorpommern-Rügen mengatakan empat dari delapan perawat itu langsung dibawa ke rumah sakit untuk diobservasi setelah mengalami efek samping gejala seperti flu.

“Saya sangat menyesali insiden seperti ini bisa terjadi. Kasus individual ini terjadi karena kesalahan manusia. Saya berharap seluruh perawat tersebut tidak mengalami efek samping serius,” kata ketua distrik Vorpommern-Rügen melalui pernyataan seperti dikutip DW pada Selasa (29/12).

Lihat juga: Terkendala Suhu Pendingin, Vaksinasi Corona di Jerman Ditunda
Pihak berwenang Vorpommern-Rügen menekankan bahwa dosis berlebih juga pernah digunakan saat fase pertama vaksinasi berlangsung. Hal itu, kata mereka, tidak menimbulkan konsekuensi serius.

Jerman bersama sejumlah negara di Eropa memulai proses vaksinasi massal sejak akhir pekan lalu.

Vaksinasi di Jerman dilakukan ketika negara di Eropa barat itu tengah menghadapi lonjakan kasus baru dan kematian akibat virus corona.

Selain itu, layaknya negara di dunia, negara Eropa tengah mewaspadai kemunculan mutasi virus corona baru di Inggris yang dinilai 70 persen lebih cepat menular.

Meski begitu, para ahli belum menemukan apakah mutasi virus ini lebih mematikan atau tidak. (*)

Pos terkait