Dari PKM Pertanian UMSU, Sayuran Vertikultur Solusi Bagi Endapan Lumpur Sungai

  • Whatsapp
Tim Pengabdian Masyarakat melakukan kegiatan Program Kemitraan Masyarakat (PKM) di Kampung Aur Lingkungan IV, Kelurahan Aur, Kota Medan” pada Kamis, 22 Juli 2021.

Medan, rekatamedia.com Fakultas Pertanian UMSU tergabung dalam Tim Pengabdian Masyarakat melakukan kegiatan Program Kemitraan Masyarakat (PKM) di Kampung Aur Lingkungan IV, Kelurahan Aur, Kota Medan” pada Kamis, 22 Juli 2021.

PKM berjudul “Pemanfaatan Endapan Lumpur Sungai untuk Tanaman Sayuran Vertikultur tersebut dipimpin Dr. Ir. Asritanarni Munar, M.P dengan anggota Dr. Dafni Mawar Tarigan, S.P, M.Si dan  Hazen Arrazie Kurniawan, S.P., M.Si dan beberapa mahasiswa Faperta UMSU, diantaranya Hanafi, dan Ramjani.

Baca Juga:

Kegiatan PKM berdasarkan kondisi permasalahan banyaknya tanah lumpur endapan perairan terjadi karena proses pengendapan partikel-partikel padat yang terkandung dalam air. Partikel padat yang berat jenisnya besar itu akan cepat mengendap. Sedangkan yang berat jenisnya kecil akan mengendap lebih lambat.

Pendangkalan perairan sungai besar, sungai kecil, selokan di sepanjang jalan raya dan jalan kampung/perumahan di Kota Medan, menyebabkan banjir seperti yang kerap terjadi di Kampung Aur Lingkungan IV, Kelurahan Aur, Kota Medan.

Banjir yang terjadi menyisakan air genangan, sampah dan lumpur yang mengganggu aktifitas warga sehari-hari.

Asritanari dalam sambutannya menyampaikan tujuan kegiatan ini adalah untuk memberikan solusi bagi warga yang lingkungannya rawan akan banjir. Hasil penelusuran oleh tim PKM ternyata endapan lumpur yang dibawa oleh Sungai Deli dapat dimanfaatkan sebagai media tanam terutama untuk tanaman sayuran vertikultur.

“Pemanfaatan perkarangan/teras rumah di wilayah perkotaan untuk sistem vertikultur ini sangat cocok sekali karena tidak membutuhkan halaman yang luas” ujar Asrita.

Dafni Mawar Tarigan dan Hazen Arrazie Kurniawan turut menjelaskan bahwa kegiatan PKM ini juga bekerjasama dengan Ranting Muhammadiyah Aur Cabang Muhammadiyah Kota Medan, sehingga terwujudlah kegiatan pelatihan pemanfaatan endapan lumpur sungai untuk tanaman sayuran vertikultur bersama ibu-ibu Aisyiyah dan masyarakat setempat.

Mewakili masyarakat, Sapri Tanjung mengucapkan terimakasih akan pelaksanaan pengabdian masyarakat dari dosen dan mahasiswa Fakultas Pertanian  UMSU. Semoga permasalahan banjir yang sering kami hadap, yang menyisakan banyak endapan lumpur menjadi teratasi, lumpur tidak lagi menjadi  persoalan besar, dan ternyata lumpur bisa kami manfaatkan seperti kegiatan PKM hari ini.

“Ibu-ibu Aisyiyah yang mengikuti kegiatan hari ini terlihat sangat senang dan antuisias dan semoga kegiatan seperti ini terus berlanjut” kata Sapri.

Kegiatan PKM yang dilaksanakan di Kantor Komunitas Peduli Anak (KOPA) tersebut juga turut dihadiri Dosen Pertanian UMSU Mhd Thamrin, M.Si, Dr. Widihiastuty, dan Zaka Abdilla, S.P.

Pos terkait