Komunitas Medan Area Studie Club Gelar Diskusi Publik

  • Whatsapp
Ftoto bersama usai diskusi publik/istimewa

Medan, rekatamedia.com – Komunitas Medan Area Studie Club (MSC) melakukan diskusi publik di Warkop Bintang yang berada di Jalan Sakti Lubis, Medan Estate, Deli Serdang, pada Kamis (19/08/2021) malam.

Kegiatan mengangkat topik tentang “Restorasi Intelektual dan Nilai-nilai Mahasiswa di tengah Pandemi Covid-19” tersebut dipantik oleh Arif Rusydi selaku Ketua Umum HMI Komisariat UMA periode 2017-2018 dan Lia Nazlia yang merupakan aktivis Keperempuan Kota Medan.

Baca Juga:

Diskusi dipandu oleh moderator Riyandi Putra Chaniago memberikan kesempatan kepada  Kordinator MSC Periode 2021-2022 Sofyan Muis Gajah menyampaikan kata sambutan.

Sofyan Muis Gajah menyampaikan latar belakang Komunitas MSC mengangkat judul diskusi tersebut, karena pada saat ini dunia intelektual mengalami degradasi besar-besaran, baik itu secara literasi maupun secara pergerakan.

Usai Sofyan menyampaikan kata sambutanny, dilanjutkan dengan pembacaan puisi oleh Dodi Kurniawan selaku Ketua Bidang Kajian Seni & Sastra Pergerakan MSC.

Pemantik pertama Lia Nazlia dalam diskusi menyebutkan degradasi intelektual terjadi karena adanya arus globalisasi yang sangat kuat, sehingga ketergantungan dengan globalisasi menimbulkan pola kemunduran Intelektual.

Pemantik kedua, Arif Rusydi menjelaskan kemunduran Intelektual dan nilai-nilai kemahasiswaan karena minimnya pengetahuan dan keberanian di dalam jati diri setiap mahasiswa, ditambah lagi pada masa pandemi ini aktivitas kampus mati suri, dimana kampus merupakan panggung dan mimbar bagi setiap mahasiswa,

Arif juga menyampaikan bagaimana peran mahasiswa untuk menghegemoni kondisi sosial untuk membangun ke arah yang lebih positif. Diskusi yang dirangkaikan dengan sharing pendapat itu, diikuti 25 orang peserta dengan mengikuti protokol kesehatan.

Pos terkait