LPPM UMSU Lakukan Monitoring dan Evaluasi Hibah Internal 2020/2021

  • Whatsapp
Wakil Rektor I UMSU, Prof Dr Muhammad Arifin, MHum didampingi Kepala LPPM UMSU, Syaiful Amri Saragih dan riviewer foto bersama pada Monev Hibah Internal 2020/2021

Medan, Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyaakat (LPPM) Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara (UMSU) melaksanakan monitoring dan evaluasi hibah internal penelitian dan pengabdian, di Gedung Aula FAI), Gedung FAI, Jalan Kapten Muktar Basri No 3 Medan, Senin (13/9).

Kepala LPPM UMSU, Syaiful Amri Saragih mengatakan, monitoring dan evaluasi dilakukan sebagai kelanjutkan setelah dilakukan penetapan pemenang dan pencarian dana 70% penelitian dan pengabdian hibah internal UMSU 2020/2021.

“Kegiatan dilakukan untuk menilai seberapa jauh hasil yang sudah didapat dari penelitian yang dilakukan,” katanya sembari menambahkan,  kegiatan berlangsung selama 3 hari, Senin – Rabu, (13 – 15/9).

Dijelaskannya, total laporan kemajuan yang di monitoring dan evaluasi sebanyak 367 laporan dengan perincian, 225 penelitian dan 142 pengabdian masyarakat, dan melibatkan 25 reviwer internal UMSU

“Walaupun dalam situasi PPKM, para dosen tetap mampu melaksanakan kegiatan penelitian dan pengabdian dengan baik, tetapi masih ada beberapa yang belum mengumpulkan laporan dikarenaka situasi yang kurang mendukung,” katanya.

Syaiful menyampaikan, dosen tetap memperhatikan jadwal pengumpulan laporan akhir, yang direncanakn Oktober 2021, agar di tahun ini luaran penelitian maupun pengabdian sudah didapatkan yang nantinya akan menjadi penilaian kinerja penelitian dan pengabdian

Publikasi Dosen

Wakil Rektor I UMSU, Prof. Dr. Muhammad Arifin, SH., M.HUM menyampaikan agar para dosen serius mengikuti proses hibah internal, termasuk monitoring dan evaluasi. Hibah internal ini akan menjadi hal yang penting bagi dosen karena luaran yang dihasilkan akan sangat bermanfaat untuk kepangkatan dosen.

Dengan demikian, saat akan publish artikel ke jurnal, para dosen diharapkan untuk memperhatikan dengan betul beberpa hal, seperti jurnal yang discontinue, proses corespodensi dengan reviewer jurnal, sehingga perlu hati-hati saat pemilihan jurnal untuk submit artikel.

Dia menyampaikan pentingnya publikasi dosen agar buah pikir dosen dapat dibaca orang lain sehingga akan mampu meningkatkan sitasi. Sitasi ini menjadi sangat penting karena berkaitan dengan pemeringkatan/klasterisasi perguruan tinggi

Dosen juga diminta memperhatikan aturan penyiapan laporan yang sudah tertera pada buku panduan agar sesuai secara administrasi.

Adapun data penelitia dan pengabdian yang menang hibah yakni Penelitian Dosen Pemula 58 proposal, penelitian dasar 136 proposla, penelitian terapan 31 proposal, Pengabdian Kepada Masyarakat 105 proposal, Program Kemitraan Pengembangan Muhammadiyah (PKPM) 37 proposal.