UMA Wisuda 937 Sarjana dan Pascasarjana, Kapolda Sumut Dijadwalkan Hadir

  • Whatsapp
Rektor UMA Prof. Dr. Dadan Ramdan, M.Eng, M.Sc (dua kanan) menjelaskan pelaksanaan Wisuda Sarjana dan Pascasarjana periode II tahun 2021, yang digelar pada Rabu (24/11/2021) dan Kamis (25/11/2021) di Gelanggang Mahasiswa Kampus I Jalan Kolam Medan Estate

rekatamedia.com.- Kepala Kepolisian Daerah (Kapolda) Sumut Irjen Pol RZ Panca Putra Simanjuntak dijadwalkan akan menghadiri Wisuda Sarjana dan Pascasarjana periode II tahun 2021, yang digelar Universitas Medan Area (UMA) pada Rabu (24/11/2021) dan Kamis (25/11/2021) di Gelanggang Mahasiswa Kampus I Jalan Kolam Medan Estate.

Kapolda Sumut pada wisuda UMA tersebut, akan memberikan sambutan sekaligus motivasi kepada wisudawan dalam meraih kesuksesan, dan menjalankan aktivitas sesuai protokol kesehatan. Pada wisuda tersebut akan dilantik sedikitnya 30 wisudawan yang berasal dari jajaran kepolisian Polda Sumut.

Baca Juga:

Kehadiran Kapolda, juga sebagai implementasi MoU yang telah dilakukan UMA dengan Polda Sumut.

Rektor UMA Prof. Dr. Dadan Ramdan, M.Eng, M.Sc mengungkapkan hal itu dalam temu pers dengan berbagai media, Senin (22/11/2021) sore di ruang rapat rektor.

Turut  hadir pada pertemuan tersebut, Wakil Rektor III Bidang Kemahasiswaan, Muazzul SH, MHum, Ketua Panitia Wisuda, Sri Irawati, S.Sos MAP dan Ka Humas UMA, Suwarni, S.Sos.

Lebih lanjut, Rektor UMA menjelaskan ada sebanyak 937 sarjana yang akan diwisuda dari berbagai fakultas dan program studi pascasarjana di lingkungan UMA. Wisuda dilaksanakan secara langsung di gelanggang mahasiswa kampus I UMA dengan menerapkan protokol kesehatan secara ketat. Para sarjana yang akan dilantik menggunakan masker dan face shield dan berjarak.

“Wisuda kali ini berbeda dengan sebelumnya, kita menerapkan protokol kesehatan secara ketat, agar tidak terjadi kluster baru. Wisuda secara langsung ini sudah berkordinasi dengan Tim Satgas Covid-19 baik dari Kabupaten Deli Serdang, Kota Medan dan Sumut. Acara wisuda dilaksanakan pagi dan siang hari, selama dua hari. Dan 937 sarjana beserta orangtunya itu dibagi empat sesi. Yang hadir harus sudah divaksin,” ungkap Prof Dadan Ramdan.

Prof Dadan juga menjelaskan konsep yang diangkat dalam wisuda kali ini adalah Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) dimana UMA sudah siap melaksankan MBKM.

“Karena itu dalam wisuda kita akan memberikan apresiasi kepada mahasiswa dan dosen yang sudah melaksanakan MBKM,” jelas Prof Dadan seraya menyebutkan UMA semester depan akan menerima mahasiswa asing dari Hongkong sebanyak 30 mahasiswa.

Empat Sesi

Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan, Muazzul SH MHum mengatakan sebelum mahasiswa diwisuda menjadi sarjana, UMA terlebih dahulu melaksanakan Pelatihan Memasuki Dunia Kerja (PMDK). Ada sebanyak 700 lebih calon sarjana yang ikut dalam pelatihan tersebut.

“Program PMDK dilakukan setiap tahun dengan materi yang disesuaikan dengan dunia kerja,” jelas Muazzul.

Ketua Panitia Sri Irawati merinci, dari 937 sarjana yang dilantik dibagi empat sesi, mulai hari petama Rabu (24/11/2021) yakni A.1. S.1 pagi ada sebanyak 185 orang berasal dari Pascasarjana 129 orang dan Fakultas Pertanian sebanyak 56 orang. A.1.S.2, ada sebanyak 258 orang, berasal dari Fakultas Ekonomi dan Bisnis (243 orang) ditambah Fakultas Saitek 15 orang.

Selanjutnya, pada Kamis (25/11/2021). A.2.S.1 pagi  diwisuda 278 orang berasal dari Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik sebanyak 94 orang dan Fakultas Psikologi sebanyak 184 orang. Pada siang harinya, A.2. S.2 diwisuda sebanyak 216 orang berasal dari Fakultas Hukum 104 orang dan Fakultas Teknik 112 orang.

“Pada kegiatan wisuda itu, akan diberikan apresiasi kepada mahasiswa dan dosen berprestasi di setiap sesi. Dan juga pemberian apresiasi kepada 8 dosen yang telah menyelesaikan studi S3 program doktor. Total alumni saat ini termasuk yang telah diwisuda sebanyak 28.669 orang,”  jelas Sri.

Pos terkait