Dari Wisuda UMA, 279 Mahasiswa UMA Peroleh Beasiswa dari Kemendikbudristek Dikti

  • Whatsapp
Rektor UMA Prof. Dr. Dadan Ramdan, M.Eng, M.Sc (kanan) menyambut Kedatangan Wakil Bupati Deli Serdang. Drs. H,M.Ali Yusuf, M.AP sebelum wisuda sarjana dan magister sesi 4, Kamis (25/11/2021) di kampus UMA Jalan Kolam Medan Estate..

Medan, rekatamedia.com. – Sebanyak 279 mahasiswa UMA berhasil memperoleh beasiswa dari Kemendikbudristek Dikti, dengan rincian KIP: 64 orang, UKT SPP 215 orang), Bank Indonesia (50 mahasiswa), Yayasan Pendidikan Haji Agus Salim dan instansi lain.

Beasiswa yang diberikan antara lain adalah Beasiswa Bidik Misi/KIP Kuliah, Bantuan UKT SPP, Beasiswa Kemendikbud, dan Beasiswa Rangking sebanyak 33 orang, Beasiswa bagi mahasiswa bersaudara kandung 161, dan beasiswa bagi keluarga dosen serta tenaga kependidikan sebanyak 21 orang.

Baca Juga:

“Hal ini merupakan bentuk keperdulian universitas dan yayasan terhadap keberlangsungan pendidikan mahasiswa kita agar dapat selesai tepat waktu dengan prestasi terbaik,” kata ungkap Rektor UMA Prof. Dr. Dadan Ramdan, M.Eng, M.Sc saat menyampaikan pidato pada wisuda 937 lulusan UMA Sesi 4, Kamis (25/11/2021), di Gelanggang Serbaguna Kampus I, Jalan Kolam Medan Estate.

Wisuda Periode II tahun 2021 digelar mulai Rabu (24/11/2021) hingga Kamis (25/11/2021). Selama dua hari tersebutt dibagi empat sesi.  Pada Kamis sesi tiga diwisuda sarjana dari Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik sebanyak 94 orang dan Sarjana dari Fakultas Psikologi sebanyak 184 orang. Sesi empat pada diwisuda dari Fakultas Hukum sebanyak 104 orang dan 112 orang dari Fakultas Teknik.

Turut hadir pada sesi empat wisuda sarjana dan magister UMA itu, Wakil Bupati Deli Serdang, Drs.H.M. Ali Yusuf Siregar M.AP (turut memberikan sambutan), Ketua Yayasan Pendidikan Haji Agus Salim (YPHAS) Drs. M Erwin Siregar MBA, para wakil rektor, Dekan Fakultas Hukum, Dr Rizkan Zulyandi SH, MA beserta wakil dekan, dan Dekan Fakultas Teknik Dr Ir Dina Maizana MT beserta wakil  dekan.

Tampak hadir Camat Percut Sei Tuan, Ismail.S.STP.MSP dan Sekretaris Camat (Sekcam), Drs. Nasib Solichin, M.AP.

Sebelumnya pada pagi hari (sesi tiga) wisuda sarjana, hadir Dekan Dekan FISIP UMA, Dr.Heri Kusmanto MA beserta para wakil, dan Dekan Psikologi Dr Risydah Fadilah, S.Psi, M.Ps beserta para wakil dekannya.

38 Tahun

Lebih lanjut Prof Dadan mengatakan UMA telah menunjukkan komitmen yang besar selama 38 tahun dalam meningkatkan kualitas sumber daya manusia di Indonesia, khususnya di Sumatera Utara (Sumut). Tahun ini UMA berada dalam peringkat 1 versi Webometrics dari 226 PTS se-Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDikti) Wilayah I Sumut dan PTS terbaik ke-18 se Indonesia versi UniRank.

Sejak tahun 2015, UMA telah meraih peringkat B untuk Akreditasi Perguruan Tinggi. Selain itu, UMA telah memiliki lima program studi yang terakreditasi peringkat A, yaitu Prodi Manajemen, Agribisnis, Ilmu Administrasi Publik, Ilmu Komunikasi, serta Magister Agribisnis.

Dosen FISIP UMA, Drs.Bahrum Jamil M.AP (depan) memimpin prosesi wisuda sarjana dan magister periode II tahun 2021, Kamis (25/11/2021).

“UMA satu-satunya PTS di Sumatera Utara yang memiliki Program Doktor Ilmu Pertanian yang tahun ini merupakan tahun kedua operasionalnya. UMA juga diakui sebagai satu-satunya PTS di jajaran LLDikti Wilayah I yang mendapatkan sertifikat Green Metric versi Universitas Indonesia yang berada di peringkat 17 tingkat Nasional pada tahun 2020,” ungkap Prof Dadan Ramdan.

Dikatakannya, proses pendidikan di lingkungan UMA, ungkap Prof Dadan dirancang melalui Kurikulum Pendidikan Tinggi yang mengacu pada Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia dan Standar Nasional Pendidikan Tinggi.

Setiap mahasiswa wajib memenuhi standar, yaitu dapat menyelesaikan studinya tepat waktu selama delapan semester atau 4 tahun dengan IPK minimal 3,20 untuk program sarjana dan 2 tahun dengan IPK minimal 3,50 untuk program magister.

Oleh karena itu, UMA terus meningkatkan kualitas dosen melalui pemenuhan rasio dosen dan mahasiswa, dan kualifikasi akademik yang yang sesuai dengan standar.

Magister Manajemen

“Pada periode ini ada delapan orang dosen yang memperoleh gelar Doktor yakni Dr. Salamiah Sari Dewi, M.Psi, Dr. Siti Aisyah, M.Psi. Dr. Rahmi Lubis, M.Psi, Dr. Suryani, MA.,  Dr. Yudhistira Fauzi Indrawan, S.Psi., M.A, Ph.D, dan Dr. Saribulan Tambunan, SE., M.MA. Dr. Minda Muliana Br. Sebayang, SE., M.Si.,  serta Dr. Ikbar Pratama, SE, M.Sc, P.hd,“ jelasnya.

Ketua Yayasan Pendidikan Haji Agus Salim (YPHAS) HM Erwin Siregar dalam sambutannya menyampaikan terimakasih kepada orangtua wisudawan atas dukungan doanya. Dia berharap UMA makin maju dan menjadi PTS terbaik di Sumut.

Erwin menyampaikan terimakasih kepada Kacab Bank Mandiri Imam Bonjol Medan Rinda Setiawan yang telah menyalurkan CSR berupa traktor kepada Fakultas Pertanian UMA pada tahun 2020 lalu.  Dan pihaknya memberikan beasiswa kepada dosen UMA yang melanjutkan studi program doktor (S3) baik di dalam maupun di luar negeri. “Saat ini ada 16 dosen UMA yang tengah menempuh program doktor atas biaya yayasan,” kata Erwin.

Erwin juga mengungkapkan, UMA telah membuka Program Magister Manajemen dan sudah mendapat persetujuan dari Kemendikbudristek RI. “Program magister baru ini akan dilaunching awal 2022. Selain itu, UMA juga sudah memgajukan permohonan pembukaan Falultas Agama Islam  ke Kemenag RI,” kata Erwin.

Sehari sebelumnya pada wisuda periode II tahun 2021, Rabu (24/11/2021) turut hadir Wakapolda Sumut Brigjen Dadang Hartanto, Ketua Yayasan Pendidikan Haji Agus Salim (YPHAS) Drs. M Erwin Siregar MBA, Kepala LLDikti Wilayah I Sumut Prof Ibnu Hajar, Kepala Cabang Bank Mandiri Imam Bonjol Medan Rinda Setiawan.

Pada wisuda tersebut juga dirangkaikan pemberian apresiasi kepada mahasiswa dan dosen berprestasi serta delapan dosen yang telah meraih gelar doktor.

Pos terkait