UNPRI Buka Pendidikan Spesialis Kedokteran Keluarga Layanan Primer

  • Whatsapp

Medan,rekatamedia.com. – Fakultas Kedokteran Universitas Prima Indonesia (UNPRI) kampus swasta pertama di Pulau Sumatera dipercayakan pemerintah menyelenggarakan Pendidikan Dokter Spesialis Kedokteran Keluarga Layanan Primer (Family Medicine) telah mendapat izin penyelenggaraan pendidikan yang sangat dibutuhkan saat ini.

Faktanya di negara lain seperti Amerika, Kanada dan Australia, Family Medicine telah berkembang sejak tahun 1950-an dan sangat berperan dalam meningkatkan kesehatan masyarakat.

Pendiri Universitas Prima Indonesia, Prof Dr.dr I Nyoman E.L MKes AIFM didampingi Ketua BPH UNPRI Dr Tommy Leonard SH MKn menyatakan bahwa UNPRI sangat berkomitmen mendukung dan siap menjadi bagian dari program pemerintah dalam penguatan dan peningkatan pelayanan kesehatan  untuk peningkatan derajat kesehatan masyarakat Indonesia.

“Pembukaan Pendidikan Dokter ini merupakan wujud nyata dari dukungan tersebut. FK UNPRI selama ini telah dipercaya menyelenggarakan pendidikan S1, Profesi Dokter, S2 Kedokteran, dan S3 Kedokteran serta telah mendapatkan akreditasi A (Unggul) untuk penyelenggaraan pendidikan mulai dari pendidikan S1 sampai S3,”kata Prof Nyoman.

Disebutkan, FK UNPRI telah mendapat akreditasi A untuk Program Studi S1 kedokteran dan Program Studi Profesi dokter pada tahun 2020 serta Pada tahun 2022, Program Studi S2 Magister Kedokteran Klinis (MKK) dan Program Studi S3 Ilmu Kedokteran mendapatakan akreditasi unggul dari LamPTKes.

Rektor UNPRI Prof. Dr. Chrismis Novalinda Ginting, M.Kes didampingi Wakil Rektor (WR)II Prof Dr Ermi Girsang MKes, dan WR IV UNPRI Dr dr Ali Napiah Nasution MKT MKM Sp KKLP menambahkan, FK UNPRI juga memiliki Rumah Sakit Pendidikan milik sendiri yaitu Rumah Sakit Umum Royal Prima Medan dan Rumah Sakit Umum Royal Prima Marelan sehingga sangat layak untuk menyelenggarakan Pendidikan Dokter Spesialis baik University based maupun hospital based.

“Selain pembukaan Pendidikan Dokter Spesialis KKLP (Family Medicine), di tahun depan FK UNPRI juga akan membuka beberapa Program Pendidikan Dokter Spesialis lainnya,” ujarnya.

Sementara Dekan FK UNPRI, Prof. Dr. dr. H. Gusbakti Rusip, M.Sc, PKK, AIFM, AIFO-K, Sp.KKLP, menyatakan Pendidikan Dokter Spesialis KKLP (Family Medicine) dibentuk untuk mengatasi kesenjangan dalam pelayanan kesehatan.

Pendidikan Dokter Spesialis KKLP (Family Medicine) akan berlangsung selama 7 Semester (3,5 tahun) pada wahana pendidikan milik Universitas Prima Indonesia dan Fasilitas Kesehatan lainnya.

Dengan adanya Pendidikan Dokter Spesialis KKLP (Family Medicine) UNPRI ini diharapkan dapat menghasilkan dokter spesialis KKLP (Family Medicine) yang mampu memberikan pelayanan yang terintegrasi dan kolaboratif untuk masyarakat di fasilitas kesehatan primer di Indonesia guna mendorong percepatan pencapaian sasaran pembangunan kesehatan nasional.