PWI Sumut Silaturahmi Dengan Wakapoldasu, Begini Pesan Irjen Dadang Hartanto

  • Whatsapp

rekatamedia.com – Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Sumatera Utara bersilaturahmi dengan Wakapolda Sumut Irjen Pol.Dr.H.Dadang Hartanto S.IK, M.Si diruang kerjanya, Rabu (11/1/23) pagi.

Silaturahmi yang berjalan penuh keakraban dan kekeluargaan itu sekaligus memberikan plakat sebagai penghargaan atas hubungan baik yang selama ini terjalin.

Kedatangan pengurus PWI Sumut yang dipimpin Ketua PWI H.Farianda Putra Sinik SE bersama Sekretaris PWI SR.Hamonangan Panggabean, wakil Ketua Bidang Hukum dan HAM Amrizal SH.MH, Ketua Seksi hukum dan HAM Josmarlin Tambunan dan Bendahara SIWO PWI Sumut Ilham Ridwan, disambut hangat Wakapoldasu Irjen Pol.Dr.Dadang Hartanto S.IK, M.Si yang didampingi Wadir Intelkam AKBP Jhonson Marudut Hasibuan.

Dalam kesempatan itu, Irjen Dadang mengucapkan terimakasih kepada PWI Sumut yang dipimpin H.Farianda Putra Sinik.

“Saya sudah lama kenal dengan H.Farianda Putra Sinik, sejak Kapolrestabes Medan dan sudah berkunjung ke Medan pos. Semoga hubungan silaturahmi seperti ini tetap terjalin ,” ujar Irjen Dadang Hartanto.

Jenderal bintang dua yang dipercaya mengisi jabatan baru sebagai Widyaiswara Utama Sespim Lemdiklat Polri itu mengaku sangat terkesan selama bertugas di Sumatera Utara.

Betapa tidak, selama bertugas di Sumut meraih dua bintang. Di”injury time” kepemimpinannya sebagai Kapolrestabes Medan, meraih bintang satu (Brigadir Jenderal), demikian juga saat menjabat Wakapoldasu memperoleh kenaikan pangkat menjadi Inspektur Jenderal (Irjen) atau jenderal bintang dua.

“Saya sangat terkesan selama bertugas di Medan dan Polda Sumut. Masyarakatnya yang heterogen terdiri dari berbagai suku, komunikasinya sangat terbuka dan penuh kekeluargaan, tidak terasa kalau saya sudah lama tugas disini,” aku Irjen Pol.Dr.Dadang Hartanto S.IK.M.Si.

Dia mendorong hubungan baik wartawan khususnya PWI Sumut dengan Polri tetap dijaga karena kekuatan Polri khususnya Polda Sumut tidak terlepas dari peran media atau wartawan.

“Profesionalitas wartawan harus ditingkatkan. Kekuatan wartawan akan menjadi modal untuk kemajuan Sumatera Utara,” katanya.

Apalagi ditahun politik ini, sambung mantan Kapolrestabes Medan itu, eskalasi kerawanan bisa terjadi. Tentunya peran media untuk mendinginkan situasi sangat dibutuhkan karena Polri tidak akan mampu bekerja sendiri tanpa peran media dan masyarakatnya.

“Masih ada orang yang suka dengan berita-berita jelek padahal sebenarnya merusak Sumatera Utara itu sendiri. Disinilah peran wartawan yang profesional untuk menyajikan berita-berita yang menyejukkan,” imbuhnya.

Irjen Dadang Hartanto menambahkan, kita (Polri- Media) pasti satu visi membawa Sumut ini menjadi lebih baik.

“Saya mendoakan PWI Sumut dibawah kendali H.Farianda Putra Sinik SE lebih maju dan profesional kedepan. Dan kiranya, Hari Pers Nasional (HPN) yang dipusatkan di Medan-Sumatera Utara pada 9 Februari 2023 berjalan lancar dan sukses,” katanya sembari menitipkan salam kepada para wartawan khususnya segenap anggota PWI Sumut.

Menurut Irjen Dadang Hartanto, letak geografis Sumut menjadi modal untuk kemajuan, tinggal kita yang mengelolanya. Banyak perantau warga Sumut yang hebat dan maju, tentunya peran mereka juga sangat dibutuhkan untuk memajukan Sumut ke depan.

LADANG IBADAH
Bertugas di Sumut, aku Irjen Dadang Hartanto, dijadikan sebagai ladang ibadah. Maka dari itu, berkat doa warga Sumut dirinya memperoleh promosi jabatan.

Pria yang dikenal low profil (rendah hati), humanis, religius, cerdas, santun dalam mendidik namun tegas diterapkannya dalam setiap langkah kepemimpinannya.

“Kita berikan pelajaran, kalau tidak mampu juga baru kita gas, kalau perlu kita ambil alih,” kata Dadang, mencontohkan dalam memimpin anggotanya. Namun, ucap Dadang memimpin anggota tidak sama memimpin masyarakat. Semua punya trik yang berbeda.

Dadang juga membagi tips untuk tetap menjaga kebugaran tubuh. Katanya, usai sholat subuh agar tetap melakukan aktivitas.
Kalau selama ini selesai sholat subuh kembali tidur, agar tidak dilakukan. Lakukan aktivitas semisal olahraga sehingga kondisi fisik kitapun tetap prima.
‘ Kita harus berolahraga, makan yg bergizi dan cukup tidurnya’, tambahnya.

Olahraga itu juga ibadah, Jadikan tubuh kita sebagai ladang ibadah dengan menjaganya dengan baik. Ketika raga kita jaga, maka manfaatnya akan lebih panjang dan akan memberikan kebaikan dan manfaatnya juga akan lebih baik kepada masyarakat lain.

“Harta benda saja kita jaga dan rawat, konon lagi tubuh kita yang diberikan Yang Maha Kuasa, tentunya wajib kita rawat dan jaga,” ujarnya.

Alumni Akpol 1994 itu mengaku dirinya kerap melakukan safari subuh ke masjid-masjid selain sebagai ladang ibadah juga untuk mempererat tali silaturahmi kepada warga masyarakat.

” Sebab, selain sebagai ladang ibadah, juga mempererat tali silaturahmi dengan warga. Jika komunikasi kita terjalin baik sehingga situasi Kamtibmas pun terjaga,” pungkasnya.

Diakhir pertemuan, Ketua PWI Sumut H.Farianda Putra Sinik SE mendoakan agar Irjen Pol.Dr.Dadang Hartanto S.IK.M.Si tetap Istiqomah dan rendah hati walau mendapat jabatan yang lebih tinggi.

H.Farianda Putra Sinik SE yang juga Ketua SPS (Serikat Perusahaan Suratkabar) Sumut itu berpesan agar tidak melupakan Sumatera Utara khususnya PWI Sumut.

Pertemuan silaturahmi yang berjalan hampir satu jam itu diakhiri dengan pemberian plakat dan foto bersama.

Poto: Ketua PWI Sumut yang juga Ketua SPS H.Farianda Putra Sinik SE menyerahkan plakat atas dedikasi dan komunikasi yang baik kepada Wakapoldasu Irjen Pol.Dr.Dadang Hartanto S.IK.M.Si, diruang kerjanya, Rabu (11/1/23).(Ari)