Pertumbuhan Ekonomi Singapura Terjun Bebas

  • Whatsapp
Harga Daging Ayam Mulai Turun

Medan – Kabar menakutkan datang dari negara jiran tetangga Indonesia Singapura. Pertumbuhan ekonomi Singapura terjun bebas sebesar -41.2% secara kuartalan (kuartal kedua dibandingkan kuartal pertama). Dikuartal kedua ini ekonomi Singapura terpuruk -12.6% secara tahunan (YoY). Singpaura menghadapi tekanan dari perdagangannya, dan terpuruknya ekonomi Singapura ini memberikan indikasi kemungkinan buruk terhadap perekonomian negara lain termasuk Indonesia.

Pengamat ekonomi, Gunawan Benjamin, Selasa pagi mengatakan, realisasi pertumbuhan minus di Singapura tersebut tidak jauh berbeda dibandingkan dengan kondisi Indonesia tahun 1997/98. Dan krisis ekonomi di Singapura tersebut menjadi krisis yang paling buruk sejak Singapura merdeka.

Baca Juga:

Perkembangan krisis ekonomi di Singapura ini akan membuat pelaku pasar kembali bersikap waspada.

Mengingat sebaran covid 19 yang telah meluluhlantakan ekonomi global diyakini juga akan memukul perekonomian banyak negara tanpa terkecuali Indonesia. Tekanan ekonomi Singapura yang terpukul sangat dalam tersebut menjadi sentimen negatif pasar yang harus diwaspadai. Indonesia memang diperkirakan tidak akan seburuk Singapura, namun jurang resesi saat ini sepertinya sebuah keniscayaan untuk dihindari.

Sentimen buruk yang melanda pasar keuangan saat ini selain dibayangi oleh resesi dibanyak negara. Jumlah pasien corona yang meningkat 1 juta jiwa dalam datu hari juga menjadi kabar buruk yang bisa membuat tekanan pada pasar keuangan.

Dibuka tipis

Pada sesi pembukaan perdagangan hari ini, IHSG memang masih dibuka naiuk tipis di level 5.067,93. Namun di sesi pembukaan ini IHSg sempat turun dikisaran level 5.059. Sementara itu, mata uang Rupiah masih mampu menguat di level 14.355 per US Dolar.

Pasar keuangan kita bisa saja diuntungkan dengan resesi di negara lain. Dengan catatan kita tidk seburuk negara lain dalam realisasi PDB nantinya. Namun, kondisi berbalik bisa saja terjadi seandainya justru kita tidak jauh berbeda dibandingkan dengan negara di barisan realisasi PDB di bawah rata-rata negara lainnya.

Pertumbuhan Ekonomi Singapura Terjun Bebas

Pos terkait