Ponsel – ponsel Pintar yang Bakal Digemari 2021

  • Whatsapp
ponsel pintar

rekatamedia.com – Ponsel pintar terus mengalami perubahan dari tahun ke tahun. Setiap perusahaan smartphone berlomba untuk menyediakan fitur terbaru yang akan diminati pengguna.

Untuk tahun ini, setidaknya ada beberapa fitur ponsel yang akan digemari pelanggan, mulai kemampuan kamera, kapasitas baterai, jaringan dan lainnya.

Berikut ponsel pintar alias smartphone yang akan populer di tahun 2021 berdasarkan informasi yang CNNIndonesia himpun:

Ponsel lipat

Pada 2020, ponsel lipat seperti Samsung Galaxy Z Fold 2 dan Motorola Razr yang membuktikan bahwa pabrikan dapat membuat layar yang terlipat tanpa retak atau terkelupas ketika digunakan dalam waktu yang lama.

Tapi ponsel itu masih sangat mahal, mencapai Rp20 jutaan per unit. Tahun 2021, Samsung mengisyaratkan ponsel lipat buatannya akan dijual lebih terjangkau agar bisa dimiliki semua orang.

Beberapa pengulas mengatakan Z Fold2 adalah ponsel terbaik tahun ini meskipun terlalu mahal bagi kebanyakan orang.

Selain dilipat, rumor mengatakan LG akan memperkenalkan ponsel dengan layar tipis yang bisa gulung pada paruh pertama 2021. Sejauh ini LG diketahui sudah memiliki TV dengan layar yang dapat digulung.

Kamera zoom in

Smartphone dengan lensa zoom berdaya tinggi diprediksi akan populer pada 2021. Tahun lalu, Samsung Galaxy S20 Ultra telah memulai trik untuk memasang lensa yang lebih panjang ke dalam ponsel yang lebih tipis dengan menempatkannya ke samping dan menggunakan cermin untuk menangkap gambar, atau disebut gaya periskop.

Apple dikabarkan juga sedang mempelajari teknologi periskop untuk iPhone masa depan, mungkin pada iPhone yang meluncur akhir 2021.

Jaringan 5G

Sejumlah pihak memprediksi 5G akan semakin populer pada 2021. Apple dan Samsung dilaporkan sedang mengembangkan perangkat yang kompatibel dengan 5G.

Tahun lalu, 5G masih tidak terpaut jauh dengan 4G. Kondisi itu diakibatkan oleh pandemi yang memperlambat beberapa perbaikan jaringan dan beberapa operator masih membutuhkan lisensi gelombang tambahan untuk menciptakan kapasitas yang cukup untuk menyediakan 5G.

Tahun ini, 5G diprediksi dapat mencapai kecepatan hingga 10 gigabit per detik.

Perekaman video Dolby Vision

Melansir Gadgets Now, sama seperti Apple, pabrikan Android diprediksi akan mulai menerapkan dukungan perekaman video Dolby Vision HDR ke smartphone mereka pada tahun 2021.

Kamera selfie di bawah layar dan pengisi daya cepat

Kamera selfie di bawah layar di smartphone mungkin menjadi lebih umum di tahun 2021. ZTE telah meluncurkan Axon 20 5G dengan kamera selfie di bawah layar. Samsung dan Google juga dikatakan sedang bekerja untuk menghadirkan teknologi ini ke smartphone mereka.

Dukungan pengisian daya yang lebih baik dan lebih cepat, baik kabel maupun nirkabel diharapkan tiba pada 2021.

Sensor 108MP dan refresh 144Hz lebih banyak

Sensor kamera 108MP ada di smartphone Android kelas atas pada tahun 2020. Ini termasuk milik Samsung dan Xiaomi. Tahun 2021, pabrikan diprediksi mengganti sensor kamera 64MP dengan 108MP di smartphone premium kelas menengah.

Selain itu, kecepatan refresh 144Hz kemungkinan akan menjadi lebih umum tahun ini. Layar 90Hz hadir di smartphone hampir dua tahun yang lalu. Pada 2019, layar mendapat 120Hz dan tahun ini 144Hz, dilansir pocket-lint.

Kapasitas baterai lebih besar

Beberapa perusahaan telah melakukan peningkatan kapasitas baterai pada tahun 2020. Sebagian besar smartphone Android yang diluncurkan pada tahun 2021 akan memiliki kapasitas baterai 4000 mAh. Samsung meluncurkan ponsel dengan baterai 6.000 mAh. Tren itu mungkin akan terus berlanjut.