Porprovsu 2022 Berakhir, Medan Angkat Tropi Juara Umum Lagi

  • Whatsapp
Porprovsu 2022 Berakhir, Medan Angkat Tropi Juara Umum Lagi
Foto: istimewa

rekatamedia.com – Kota Medan kembali meraih juara umum Pekan Olahraga Provinsi Sumatera Utara (Porprovsu). Pada ajang ke XI/2022, Medan bahkan unggul sangat jauh dengan daerah lain dalam perolehan medali.

Kontingen Medan meraih 84 emas, 45 perak dan 41 perunggu.

Baca Juga:

Jumlah emas yang dikumpulkan atlet-atlet Kota Medan bahkan 4 kali lipat dari yang diraih kontingen Deliserdang.

Deliserdang yang biasanya menempel ketat Medan,tahun ini cuma meraih 20 emas, 29 perak dan 43 perunggu.

Binjai berada di peringkat ketiga dengan 18 emas, 25 perak dan 28 perunggu. Karo keempat, 16 emas, 23 perak dan 17 perunggu. Tebingtinggi posisi kelima, 14 emas, 4 perak dan 16 perunggu.

Gubernur Sumatera Utara (Sumut) Edy Rahmayadi pun langsung menyerahkan piala juara umum Porprovsu 2022 ini kepada Wali Kota Medan Muhammad Bobby Afif Nasution pada penutupan yang berlangsung di Lapangan Astaka, Sabtu (5/11/2022).

“Selamat yang meraih hasil terbaik, yaitu Kota Medan. Setiap pertandingan, setiap kompetisi, ada yang menang dan ada yang kalah. Itu merupakan evaluasi yang dilakukan provinsi terhadap kab/kota,” tutur Edy dalam sambutannya.

Turut hadir, Ketua DPRD Sumut Baskami Ginting, Ketua KONI Sumut John Ismadi Lubis, Ketua Pengprov cabor Sumut, Forkopimda Sumut dan seluruh kontingen Porprovsu 2022.

Edy mengingatkan, sepatutnya Sumut tak sulit mencari atlet yang potensial untuk mewakili provinsi ini pada ajang tingkat nasional. Mengingat, populasi Sumut terbesar keempat dengan 15 juta lebih, setelah Jawa Timur, Jawa Tengah dan Jawa Barat.

“Pada saat kita mencari atlet, harusnya lebih banyak dan lebih berpeluang karena jumlah populasi yang lebih besar. Ini bisa terjadi dengan sesuai harapan kita apabila ada kepedulian dari 33 Kab/Kota,” kata Edy.

Medan Juara 10 Cabor Porprovsu

Pada Porprovsu 2022 ini Medan mendominasi pada 10 cabor, dengan tampil sebagai juara umum cabor. Yakni, angkat berat, biliar, binaraga, drum band, karate. Kemudian, Muay Thai, taekwondo, sepakbola, tarung derajat dan tinju.

Pos terkait