8 Makanan Penambah Energi, Ikan hingga Pisang

  • Whatsapp

Rekatamedia- Berfokus pada pekerjaan sepanjang hari dapat membuat lesu, bahkan terkadang berpengaruh pada pikiran sehingga tak memiliki kekuatan untuk melanjutkan aktivitas.

Hal ini umumnya mulai dirasakan terjadi selepas waktu makan siang. Pada akhirnya, meminum kopi menjadi salah satu cara untuk menyegarkan mata dan bisa melanjutkan tugas.

Namun, selain menenggak beberapa cangkir kopi, Anda sebenarnya juga bisa mencoba dengan mengonsumsi makanan tertentu untuk menambah energi.

Berikut 8 makanan penambah energi, sebagaimana dilansir AsiaOne.

1. Ikan

Ikan, terutama salmon, kaya akan kandungan asam lemak omega-3 yang bagus untuk mengoptimalkan fungsi otak.

Ikan juga dikenal bermanfaat meningkatkan kekuatan otak dan memori. Jadi Anda bisa mencoba makan ikan daripada daging lainnya saat makan siang untuk menjaga otak Anda tetap berenergi sepanjang hari.

2. Bluberi

Buah beri kecil ini mengandung antioksidan yang dapat mengurangi memori jangka pendek, koordinasi motorik, bahkan mengurangi risiko kerusakan kognitif.

Buah ini akan terasa lebih menyegarkan dengan membekukannya sebelum dikonsumsi.

3. Alpukat

Buah ini memiliki lemak tak jenuh sehat yang membantu meningkatkan aliran darah Anda, sekaligus menjadi bahan bakar sel-sel otak.

Anda bisa mengonsumsinya dengan menambahkan ke salad atau membuat jus.

4. Dark Chocolate

Dark Chocolate mengandung antioksidan dan kafein yang dapat memberikan energi yang dibutuhkan otak. Komponen ini juga dapat membantu Anda untuk fokus lebih baik.

Menurut sebuah studi 2013 yang dipimpin oleh para peneliti Harvard, partisipan yang minum dua cangkir coklat panas sehari selama 30 hari mengalami peningkatan aliran darah ke otak dan dalam tes memori kerja mereka.

5. Kenari

Kenari adalah sumber Vitamin E. Menurut sebuah penelitian dari University of California, Los Angeles, mengonsumsi kenari dapat bermanfaat bagi fungsi kognitif kita.

Buah ini merupakan pengganti yang bagus jika Anda bukan penggemar ikan karena kenari juga mengandung asam lemak omega-3.

6. Sayuran berdaun hijau

Sayuran berdaun hijau tua mengandung Vitamin K, yang membantu menjaga kesehatan otak kita.

Menurut penelitian dari Rush University Medical Center, Vitamin K dalam sayuran berdaun hijau kemungkinan dapat membantu memperlambat penurunan kognitif.

7. Telur

Kuning telur kaya akan asam lemak omega-3 DHA yang bagus untuk otak. Telur juga merupakan sumber kolin yang bagus.

Kolin adalah vitamin yang cukup penting untuk perkembangan otak Anda dan dapat membantu meningkatkan daya ingat jangka pendek. Mulailah hari Anda dengan menikmati telur untuk sarapan.

8. Pisang

Buah populer ini mengandung asam amino, yang membantu menjaga daya ingat dan meningkatkan mood.

Kaya akan kandungan potasium, pisang juga dapat membantu menjaga pikiran Anda tetap fokus. Jadi, cobalah makan satu pisang dalam sehari. (cnn)