KONI Medan Sambut Baik Protokol Kegiatan Olahraga Terkait New Normal

  • Whatsapp
KONI Medan Sambut Baik Protokol Kegiatan Olahraga Terkait New Normal
istimewa

analisamedan.com – Ketua Umum KONI Medan Drs Eddy H Sibarani menyambut baik dan mendukung rencana Kemenpora yang akan  mempersiapkan protokol kegiatan olahraga terkait akan diterapkannya tatanan new normal atau normal baru. Hal itu dikatakan Ketua Umum KONI Medan di Medan, Senin (1/6).

Menurut Eddy H Sibarani, pihaknya mendukung penuh upaya pemerintah melalui Kemenpora, yang bersiap dan akan menerbitkan protokol kesehatan tentang new normal di bidang olahraga. New normal, katanya, guna memberi kesadaran bentuk aktivitas baru yang aman berdasarkan protokol kesehatan WHO sehingga bisa menekan penyebaran virus Corona (Covid-19).

Baca Juga:

Protokol kesehatan di bidang olahraga ini juga, tambahnya,  sebagai panduan. “Yang dibuat bertujuan agar kegiatan olahraga yang sempat terhenti bisa kembali dimulai. Kita juga harus sudah bersiap dan punya rencana, seperti halnya klub-klub Liga 1 dan 2 yang sudah melakukan pertemuan virtual soal kelanjutan kompetisi Liga Indonesia,” tutur Eddy.

Berdasarkan kajian awal pemerintah terkait penerapan new normal, kegiatan olahraga outdoor masuk fase III yang dimulai pada 15 Juni.

Era New Normal

Sebelumnya, pada Jumat (29/5), Pemerintah melalui Menpora Zainudin Amalli menyatakan akan segera menerbitkan protokol bagi para atlet agar bisa kembali menggelar latihan maupun melanjutkan kompetisi olahraga nasional. Hal ini, menyusul rencana dimulainya era new normal.

Menpora ketika itu lewat telekonferensi pers di Jakarta, mengatakan, pihaknya sudah berdiskusi dengan KONI Pusat dan Komite Olimpiade Indonesia (KOI) dalam merumuskan protokol tersebut. Hasil diskusi serta masukan dari berbagai pihak, nantinya akan dituangkan dalam sebuah draf yang membahas pedoman latihan dan berkompetisi sebelum disampaikan kepada kementerian terkait.

Meski Medan saat ini belum termasuk 102 daerah di Indonesia, atau 15 Kab/Kota di Sumut yang mengantongi izin boleh melaksanakan new normal, dia yakin kota ini bisa segera menyusul kota-kota tersebut.

Syarat mutlak menuju era new normal adalah harus tetap disiplin, untuk mencegah dan memutus mata rantai penyebaran Covid-19. Apalagi dalam tiga hari terakhir, pertambahan pasien positif Corona di Sumut cenderung menurun. Dan kita harapkan angkanya terus semakin melandai, sehingga dengan begitu Medan nantinya juga bisa memasuki era new norwal,” ungkapnya.

Sejalan dengan Karantina Kesehatan

Apalagi katanya, Plt Wali Kota Ir. H. Akhyar Nasution MSi juga menyatakan  Kota Medan siap melaksanakan penerapan new normal, ketika menerima kunjungan kerja Tim Pansus Covid-19 DPRD Sumut di Posko Gugus Tugas Covid-19 Kota Medan pekan lalu.

“Kondisi new normal, dinilai sejalan dengan isi Perwal No.11/2020 tentang Karantina Kesehatan Dalam Rangka Percepatan Penanganan Covid-19 yang telah diterapkan di Kota Medan. Intinya, wajib masker, guna mencegah diri dan orang lain dari penularan Covid-19,” kata Akhyar ketika itu.

Eddy Sibarani menambahkan, memang untuk bisa menuju era new normal agar masyarakatnya bisa beraktivitas, ada indikatornya yang berbasis data. Untuk itu kita harapkan peran serta dan kerja sama dari masyarakat di Kota Medan, untuk selalu mematuhi peraturan dan imbauan yang ada.

“Karena itu, anjuran di  rumah aja, selalu menggunakan masker jika keluar rumah. Menghindari kerumunan, jaga jarak dan sering-sering mencuci tangan memakai sabun tetap harus dilakukan,” tuturnya.

“Untuk bisa memasuki era new normal sangat penting disiplin diri untuk mencegah dan memutus mata rantai Covid-19,”  tambahnya lagi.

Dikatakannya, saat ini atlet Kota Medan senantiasa melakukan latihan mandiri di rumah. Tentunya dengan menerapkan protokol kesehatan di bawah bimbingan pelatih. Dilatih secara virtual guna menjaga kebugaran tubuh serta stamina mereka.

Dia juga menyebut, koordinasi dan komunikasi dengan stakeholder olahraga, termasuk pengcab/pengkot serta pelatih tetap terjalin selama pandemi ini.

“Kami berterima-kasih atas kerja samanya. Untuk para pelatih, teruslah memantau para atlet. Aagar kondisi mereka senantiasa fit dan jika nanti kompetisi atau pertandingan sewaktu waktu kembali bergulir. Kondisi mereka sudah siap tanding,” tutup Ketua Umum KONI Medan.

 

KONI Medan Sambut Baik Protokol Kegiatan Olahraga Terkait New Normal

Pos terkait