Berani Jadi Tuan Rumah Piala Dunia Tapi Tak Punya Kantor Representatif

  • Whatsapp
Berani Jadi Tuan Rumah Piala Dunia Tapi Tak Punya Kantor Representatif
Tommt Welly. (Istimewa)

Medan – Tanpa terasa Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia (PSSI) sudah 90 tahun berdiri. Masyarakat sepakbola pun tidak menyadari bahwa organisasi sepakbola yang berdiri sejak 19 April 1930 ini tidak punya Kantor repsentatif.

Pengamat sepakbola, Tommy Welly yang dihubungi melalui WhatsApp, Senin (22/6/2020), menyayangkan di usia 90 tahun PSSI masih belum memiliki kantor representatif. Padahal, Indonesia bakal menjadi tuan rumah Piala Dunia U 20 2021. “Sangat disayangkan memang PSSI tidak memiliki kantor refresentatif. Jadi, bonafiditasnya dipertanyakan menjadi tuan rumah Piala Dunia U 20 2021,” katanya.

Baca Juga:

Apa yang diungkapkan Tommy Welly memang benar. Pasalnya, PSSI Timor Leste yang sebelumnya bergabung dengan Indonesia saja sudah memiliki kantor yang reftesentatif. “Saya tahu persis PSSI Timor Leste itu punya kantor refresentatif dari bantuan Federasi Sepakbola Internasional (FIFA) melalui Goal Project,” jelasnya.

Baca Juga: PSMS Medan Peduli kepada Legenda Mamek Sudiono

Untuk memiliki kantor refresentatif sehingga PSSI jadi bonafit, kata Tommy Welly, ada dua cara. Pertama, memita bantuan kepada FIFA dan kedua meminta fasilitas dari pemerintah melalui Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora).

“PSSI bisa mengajukan kantor refresentatif kepada FIFA melalui FIFA Forward yang merupakan pengganti Goal Project. Atau mengajukan permohonan kepada pemerintah untuk bisa mendapatkan Kantor PSSI yang refresentatif,” tegasnya.

Baca Juga: PSMS Pertanyakan Subsidi Jika Liga Dilanjutkan

Dia juga menjelaskan, PSSI pernah mendapatkan Goal Project dari FIFA. Namun, PSSI yang saat itu masih menempati kantor di Stadion Utama Gelora Bung Karno Jakarta bukan peruntukan Kantor Refresentatif tetapi untuk lapangan sintetis. “Seingat saya PSSI mendapatkan bantuan pembuatan lapangan sintetis di Sawangan, Depok,” ujarnya.

Berani Jadi Tuan Rumah Piala Dunia Tapi Tak Punya Kantor Representatif

Pos terkait