PABERSI Diminta Perjuangkan Angkat Berat Masuk Multi Even

  • Whatsapp
PABERSI Diminta Perjuangkan Angkat Berat Masuk Multi Even

Jakarta – Ketua Umum KONI Pusat Letjen TNI (Purn) Marciano Norman mendorong Perkumpulan Angkat Berat Seluruh Indonesia (PABERSI) memperjuangkan cabang angkat berat bisa masuk multi even internasional minimal SEA Games dulu.

Alasannya, atlet angkat berat Indonesia sudah menembus prestasi dunia pada era 1980-an.

Hal itu dikatakan Marciano Norman saat melantik kepengurusan lengkap PABERSI periode 2020-2024 di Kantor KONI Pusat, Gedung Pusat Pengelola Gelora Bung Karno Senayan Jakarta, Senin, (9/11/2020).

Seperti diketahui angkat berat berada di bawah naungan Pengurus Besar Persatuan Angkat Besi dan Binaraga Seluruh Indonesia (PB.PABBSI). Namun baik angkat berat dan binaraga kemudian berpisah dari PABBSI karena harus menyesuaikan dengan federasi internasional.

Dengan menjadi organisasi tersendiri, kata Marciano, angkat berat akan lebih leluasa berkreasi dan mengembangkan dirinya secara luas.

“Saya kira tak sulit bagi PABERSI mengembangkan sayapnya ke daerah-daerah karena populasinya hampir sama dengan angkat besi. Hanya karena belum masuk cabang resmi multi even seperti SEA Games membuat pembinaannya kurang maksimal,” kata mantan Kepala Badan Intelijen Negara (BIN) ini.

Baca: PABERSI Berduka, Pelatih Angkat Berat Sumut Tutup Usia

Jika sudah bisa dimainkan di SEA Games, lanjut dia, harapan dipertandingkan pada Asian Games dan bahkan Olimpiade sekalipun sangat terbuka. Apalagi, Indonesia sedang berjuang menjadi tuan rumah Olimpiade 2032.