Antara Porprovsu 2022 dan PON 2024, Butuh Dukungan Kabupaten Kota

  • Whatsapp
Antara Porprovsu 2022 dan PON 2024, Butuh Dukungan Kabupaten Kota

rekatamedia.com – Pekan Olahraga Provinsi Sumatera Utara (Porprovsu) ke-XI 2022 menghadirkan Kota Medan sebagai juara umum. Itu artinya atlet Kota Medan bakal mendominasi kontingen Sumut pada PON 2024 mendatang.

Sepanjang pelaksanaan Porprovsu, Medan selalu teratas dalam perolehan Medali.

Baca Juga:

Hal itu memang sudah semestinya terjadi. Sebab sebagai ibukota provinsi, sarana dan metode pembinaan atlet di Kota Medan memang lebih baik dari daerah lain.

Sayangnya, selama lebih dari satu dekade pelaksanaan Porprovsu, metode pembinaan yang dijalankan KONI Medan untuk mencapai juara umum tak diterapkan oleh daerah lain.

Jadi praktis, Medan tak tertandingi di ajang empat tahunan itu.

Realitas ini secara implisit disinggung Gubsu Edy Rahmayadi yang menyebut bila Sumut punya potensi besar untuk mengimbangi prestasi Jawa Timur hingga DKI Jakarta bila merujuk pada jumlah penduduk yang besar.

Hanya saja, pemerintah kabupaten kota belum optimal menggali potensi atlet di daerahnya.

“Pada saat kita mencari atlet, harusnya lebih banyak dan lebih berpeluang karena jumlah populasi yang lebih besar. Ini bisa terjadi dengan sesuai harapan kita apabila ada kepedulian dari 33 Kab/Kota,” kata Edy saat penutup Porprovsu.

Penyelenggara PON 2024

Ketimpangan prestasi ini dikhawatirkan menurunkan kepedulian daerah pada olahraga. Apalagi bila dikaitkan dengan semakin dekatnya PON Aceh-Sumut 2024.

Beberapa daerah terutama Medan dan Deliserdang hingga di kawasan Danau Toba bakal menjadi lokasi pertandingan.

Namun, upaya untuk menyukseskan PON semestinya menjadi gawean bersama seluruh daerah. PON harus benar-benar menggema di Sumatera Utara.

Untuk itu, Gubsu juga meminta keseriusan dukungan seluruh daerah untuk menggaungkan PON di seluruh penjuru Sumatera Utara.

Sukses Prestasi

Tak cuma sukses penyelenggaraan, Sumut juga harus sukses secara prestasi demi mewujudkan slogan SUMUT BERMARTABAT.

Jauh sebelum Porprovsu 20222 dimulai, Ketua Umum KONI Sumut John Ismadi Lubis mengatakan, bila Porprovsu ini menjadi langkah awal persiapan atlet menghadapi PON 2024, dimana Sumut menjadi tuan rumah bersama Aceh.

Ajang tahun ini menjadi krusial karena para juara punya kans besar untuk tampil di PON 2024 Aceh-Sumut.

Pos terkait