Realistis, Sumut 6 Besar di PON 2024

  • Whatsapp
Realistis, Sumut 6 Besar di PON 2024
Pemenang lomba karya tulis wartawan olahraga

rekatamedia.com – Ketua KONI Sumatera Utara Jhon Ismadi Lubis coba bicara realistis soal target daerah ini di PON XXI/ 2024 nanti.

Jhon optimis pencapaian kontingen Sumut bakal terdongkrak dari hasil PON Papua lalu. Namun untuk mampu menempati posisi 3 besar nasional.

Baca Juga:

“Sebagai tuan rumah, kita optimis posisi Sumut bakal terdongkrak, setidaknya di posisi 6 yang saat PON lalu ditempati kontingen Riau,” ungkap dalam pertemuan dengan wartawan di kantor KONI Sumut Jumat kemarin.

Menurut mantan Ketua Harian IMI Sumut itu, posisi tiga besar masih didominasi kontingen provinsi di Pulau Jawa, yakni Jawa Barat, Jawa Timur dan DKI Jakarta, meskipun tuan rumah PON itu merupakan kolaborasi Sumut dan Aceh.

Meski demikian untuk menembus posisi 6 besar juga tidak mudah.

Jhon meminta sejumlah pihak di Sumut, khususnya para insan olahraga harus bersinergi dan bekerja sama serta saling memberi motivasi dan kritik membangun.

Saat ini, sebut Jhon pihaknya tengah mempersiapkan 731 atlet akan mengikuti Pelatda jangka panjang. Dari jumlah tersebut ada 208 atlet elite yang meraih tiga besar Kejurnas 2022.

KONI Sumut memiliki target mendapatkan 250 atlet elite yang menjadi harapan utama meraih medali emas.

“Setidaknya 30 persen dari para atlet elit itu, diproyeksikan mampu mendulang emas di PON nanti,” katanya didampingi Wakil Sekretaris Mesnan, Wakil Bendahara TP Sihombing, Ketua Bidang Organisasi M Syahrir, dan Ketua Humas SR Hamonangan Panggabean.

Para atlet dari beberapa cabor itu, papar Jhon merupakan peraih emas PON lalu, dan dianggap masih memiliki potensi besar.

Namun demikian, sebut Jhon di tahun 2023 ini para atlet tersebut masih menjalani promosi dan degradasi. “Tidak tertutup kemungkinan akan ada degradasi,kita pantau terus perkembangannya,” cetusnya.

Pos terkait