5 Manfaat Kuliah Daring Bagi Mahasiswa

  • Whatsapp
Foto sumber internet

Oleh : Indah Sri Wahyuni

Dunia sedang dihebohkan dengan kehadiran virus Corona yang pertama kali ditemukan di Wuhan China pada akhir tahun 2019 dari sebuah pasar yang menjual makanan dari hewan. Virus ini dapat menyebabkan gangguan pernafasan hingga kematian dan virus ini dapat dengan mudah ditularkan kepada yang lain melalui bersin, batuk dan semacamnya. Pada akhirnya virus ini dengan mudah menyebar ke beberapa negara hingga World Health Organization (WHO) mendeklarasi bahwa Covid-19 sebagai pendemi global.

Baca Juga:

Banyak negara yang mengantisipasi terhadap wabah ini bahkan saat sebelum masuknya wabah ini ke negara mereka. Namun mudahnya penularan virus ini membuat semakin cepat berkembang. Serta proses penyembuhan yang lama dan membutuhkan tempat khusus yang menjadi alasan semakin cepatnya berkembang virus covid-19 ini. Virus ini lebih beresiko kematian bagi para lansia namun juga terdapat kasus seorang bayi meninggal terkena covid-19.

Dampak yang ditimbulkan dari wabah ini juga hampir mempengaruhi seluruh sektor mulai dari ekonomi, sosial, politik maupun pendidikan tururt merasakan dapak yang luar biasa. Banyak negara yang memberlakukan social distancing, physical distancing hingga penerapan lockdown di beberapa negara guna untuk memutus rantai penularan covid-19 ini . Selain dari sektor ekonomi yang luar biasa dipengaruhi karena banyaknya tempat usaha yang tidak bisa buka sehingga mempengaruhi pendapatan membuat banyak orang yang tidak bisa bekerja atupun dilakukannya pemecatan berskala besar.

Begitu juga halnya dalam sektor pendidikan. Banyaknya sekolah yang diliburkan baik sekolah dasar, sekolah menengah pertama, sekolah menengah atas hingga universitas yang mengubah kebijakan untuk menerapkan pembelajran dengan sistem daring atau online dalam proses belajar mengajar. Hal ini memiliki beberapa kekurangan namun juga memiliki beberapa manfaat bagi para pelajar terutama mahasiswa.

Salah satu universitas negeri di kota Medan juga turut menerapkan kebijakan pembelajaran dengan metode daring yaitu Universitas Islam Negeri Sumatera Utara yang telah menerapkan metode pembelajran dengan sistem daring sejak pertengahan bulan Maret tahun 2020. Menurut salah seorang mahasiswi berinisial UH yang merupakan mahasiswi Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Prodi Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu sosial ini memberi tahu beberapa manfaat yang turut ia rasakan dengan adanya kuliah sistem online ini.

Berikut kita membahas 5 manfaat kuliah daring bagi mahasiswa dalam melakukan pembelajaran dengan metode daring. Manfaat tersebut antara lain:

1. Lebih Paham Teknologi
Mungkin tidak semua dari kita terlalu memikirkan teknologi apa saja yang dapat membantu kita dalam beberapa hal seperti dalam hal pendidikan ini. Namun karena adanya tututan yang mengharuskan kita untuk mempelajari beberapa teknologi guna membantu proses pembelajaran membuat kita lebih paham terhadap teknologi yang sebelumnya tidak pernah kita pelajrai fungsi dan kegunaannya.

“Ya jadi lebih peka terhadap aplikasi – aplikasi yang ternyata bisa sangat membantu dalam proses belajar yang selama ini hanya terpaku pada aplikasi yang itu – itu aja sih” tutur nya.

2. Mengembangkan kemampuan
Lebih banyaknya waktu luang yang diberikan dalam kebijakan kuliah daring ini membuat kita memiliki waktu untuk sekedar Me Time buat diri sendiri yang dilakukan di rumah seperti memasak, desain, fotografi dengan bahan atau peralatan yang seadanya.

“Ya lebih punya waktu untuk me time, ngelakuin hal – hal yang sebelumnya kalau kuliah secara langsung tidak punya banyak waktu. Seperti memasak, desain, fotografi dan hal lainnya yang bisa dilakuin” ungkapnya.

3. Lebih mandiri
Kuliah daring memaksa kita untuk lebih aktif dan mandiri dalam hal mencari bahan materi yang sebelumnya telah dosen berikan sekilas. Dimana biasanya kita berharap dosen yang banyak memberikan materi dan penjelasan namun karena keterbatasan beberapa hal yang memaksa kita untuk mencari tahu tentang sebuah materi baik dari buku maupun aplikasi – aplikasi lainnya.
“Lebih mandiri juga karena kan disini kita yang lebih aktif untuk mencari materi. Dosen kan memberi judul dan ya kita yang lebih banyak memperdalam materi cari tau ini itu serba sendiri” imbuhnya.

4. Memperbanyak pengalaman
Di rumah aja membuat kita sering kehabisan bahan untuk dilakukan selain belajar dan membantu orang tua. Tak jarang banyak yang memanfaatkannya dengan membuka usaha seperti online shop baik fashion, makanan rumahan, maupun peralatan – peralatan. Selain menambah pengalaman juga menambah pendapatan selama dirumah aja.
“Banyak juga temen – temen yang sebelumnya gak pernah jualan sekarang jualan online gitu malah banyak banget yang jualan. Ya bagus juga kan untuk pengalaman” ujarnya.
Tak jarang juga memilih untuk bekerja karena banyaknya waktu luang yang didapat sehingga digunakan untuk mencari pengalaman kerja.

5. Lebih hemat
Hal ini yang begitu besar dampaknya dikarenakan banyak mahasiswa yang berasal dari luar kota biasanya nge-kost dan memakan biaya yang cukup lumayan. Karena kuliah daring  ini, mereka dapat pulang ke rumah masing – masing untuk waktu yang cukup lama sehingga tidak perlu membayar uang kost dan catering karena semua sudah ada di rumah. Palingan hanya untuk kuota saat kuliah daring.

“Ya saya kan dari luar kota Medan, biasanya bayar kost, catering makanan, transportasi, uang saku belum lagi uang print tugas. Tapi sekarang saya balik ke rumah dan gak perlu membayar kost dan biaya lainnya jadi lebih hemat. Palingan hanya beli kuota aja sih ya lumayan daripada bayar kost dan semacamnya bahkan ada temen yang malah lebih dimahalkan selama pandemi ini. Rugi kan ya gak ditempatin tapi tetap bayar”. Tambahnya.

Penulis: Mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial UIN SU, Jurusan Ilmu Komunikasi semester VI

Pos terkait