PKM  Pertanian UMSU Olah Semangka Jadi Minuman Kesehatan

  • Whatsapp
Tim Pengabdian Masyarakat Fakultas Pertanian UMSU

rekatamedia.com.- Tim Pengabdian Masyarakat Fakultas Pertanian UMSU melaksanakan Program Kemitraan Masyarakat (FKM) bagi Kelompok Tani Desa Jati Baru Kecamatan Pagar Merbau Kabupaten Deli Serdang pada Selasa, 15 Juni 2020 lalu.

Kegiatan yang didanai APB UMSU tahun anggaran 2019 itu, merupakan agenda dari Tim Pengabdian Masyarakat Dosen Fakultas Pertanian UMSU. Tim diketuai Masyhura MD, SP, M.Si dengan Anggota Nel Arianty, SE., MM dan beberapa mahasiswa FP UMSU.

Baca Juga:

Mayhura mengatakan program PKM ini dilaksanakan karena di Desa Jati Baru merupakan salah satu desa penghasil buah semangka. Hasil panen selama ini hanya dijual dalam bentuk segar dengan harga murah.

Peningkatan harga jual diantaranya melalui konsep value-added (nilai tambah) dengan mengolah buah semangka menjadi minuman kesehatan melalui proses fermentasi (fruitghurt) yang bernilai ekonomis hal ini.

Nel Arianty yang membahas teknik pemasaran produk juga mengatakan fruitghurt merupakan produk hasil fermentasi sari buah-buahan dari salah satu varian yoghurt yang memiliki beberapa kelebihan, yang baik dikonsumsi oleh orang yang sensitif dengan susu.

Dewi salah seorang peserta yang mewakili ibu-ibu di Kelompok Tani Desa Jati Baru mengucapkan terimakasih akan pelaksanaan kegiatan PKM dari Fakultas Pertanian UMSU.

Dia berharap kegiatan ini dapat bermanfaat bagi dirinya dan para ibu yang ada di Desa Jati Baru sehingga dapat menambah penghasilan untuk keluarga melalui minuman kesehatan buah semangka.

 

 

 

 

 

 

 

Pos terkait